Skripsi
Meningkatkan Keterbukaan Publik: Strategi Humas Pemerintahan Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Portal Website PPID Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi
Keterbukaan Informasi Publik memiliki peran yang krusial dalam mewujudkan tata kelola negara yang transparan, efektif, efisien, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memberikan hak kepada masyarakat sebagai pengguna informasi untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan tantangan yang dihadapi oleh PPID KemenPAN-RB dalam upaya meningkatkan keterbukaan informasi publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh PPID KemenPAN-RB dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik meliputi pengoptimalan pengelolaan website dan media, serta inovasi dalam pelayanan publik, khususnya informasi publik. Tantangan internal yang ditemukan meliputi keterbatasan jumlah aparatur dan minimnya pengetahuan aparatur mengenai keterbukaan informasi, sedangkan tantangan eksternal meliputi perubahan tren yang dinamis yang menuntut PPID untuk cepat beradaptasi.
Tidak tersedia versi lain