Skripsi
Pengaruh Kualitas Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pada Divisi Supply Chain Management PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Pengadaan Barang/Jasa
Beberapa keluhan yang datang dari pengguna layanan pengadaan barang dan jasa terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Divisi SCM terkait administrasi yang terbilang lama dan proses pendaftaran dengan dibutuhkannya dokumen yang banyak mengakibatkan proses persiapan dan penyelesaian pengadaan barang dapat tidak selesai tepat waktu. Penelitian ini diangkat dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas layanan pengadaan barang/jasa pada divisi supply chain management PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terhadap kepuasan pengguna layanan pengadaan barang/jasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan metode survey dengan jumlah populasi penelitian yang dipilih adalah seluruh penyedia barang/jasa yang telah terdaftar dan terverifikasi oleh Divisi Supply Chain Management dengan jumlah rekanan penyedia jasa sebanyak 238. Indikator yang digunakan untuk mengukur variabel kualitas layanan meliputi: kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik. Indikator untuk mengukur variabel kepuasan pengguna layanan yaitu kesesuaian harapan, berminat untuk bekerja sama kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Teknik sampling menggunakan non probability sampling, sebanyak 71 sampel dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi = 0,000 artinya variabel X berpengaruh signifikan terhadap variabel Y, dan thitung = 9.033 artinya variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y. Nilai uji R2 sebesar 0,542 artinya sebesar 54,2% variabel bebas dapat mempengaruhi variabel terpengaruh atau terikat dengan kategori sedang atau moderat dan didapatkan rumus persamaan regresi linear sederhana Y = 0,679+ 0,131X maka saran praktis yang segera bisa diimplementasikan yaitu diterapkanya sesi sharing knowledge secara rutin, membuat website sendiri untuk layanan pengadaan barang/jasa, dan menambahkan pegawai tetap yang ahli dibidangnya.
Tidak tersedia versi lain