Skripsi
Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepolisian Pada Polsek Pademangan Jakarta Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan mengidentifikasi strategi peningkatan kualitas pelayanan kepolisian di Polsek Pademangan Jakarta Utara dengan menggunakan teori Zeithaml. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang dirancang untuk mengembangkan teori tentang fenomena sosial berdasarkan data lapangan yang diperoleh secara interaktif, fleksibel, dan sistematis. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan telaah dokumen terhadap 13 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kepolisian di Polsek Pademangan masih perlu peningkatan, terutama dalam dimensi bukti fisik seperti sarana dan prasarana yang mendukung kenyamanan pengguna layanan. Aksesibilitas persyaratan pelayanan juga masih belum optimal, menyebabkan kelambatan dalam pelaksanaan pelayanan. Terdapat pula kelemahan dalam dimensi empati terkait diskriminasi pelayanan, yang menunjukkan perlunya sistem pelayanan yang lebih jelas dan teratur. Terkait aspek strategi peningkatan kualitas pelayanan menemukan bahwa strategi pelanggan merupakan hal yang dapat menentukan kualitas pelayanan melalui pengembangan sistem pengaduan internal yang mengedepankan budaya organisasi dan berbasis teknologi. Penelitian ini merekomendasikan bahwa pentingnya pembangunan sistem pelayanan yang berbasis kepada kebutuhan dan harapan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain