Skripsi
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Kelurahan Paninggilan Utara
Pemerintahan yang baik (good governance) dapat dilihat dan dinilai dari seberapa berhasilnya tingkat penyelenggaraan kebijakan dan program yang telah dijalankan. Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kelurahan Paninggilan Utara sampai saat ini masih ditemukan kelemahan-kelemahan di dalam pelaksanaannya. Permasalahan tersebut berkaitan langsung dengan beberapa prinsip good governance yaitu, prinsip transparansi terkait akses informasi, prinsip efektivitas dan efisiensi terkait kompetensi pelaksana, prinsip keadilan terkait mekanisme pengambilan nomor antrian yang belum terurut, dan prinsip akuntabilitas terkait disiplin jam kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik, mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung kualitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik serta menyusun strategi pelayanan publik melalui penerapan prinsip-prinsip good governance. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara, data sekunder melalui dokumentasi yang dapat membantu peneliti dalam memberikan data dan informasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat masih belum merasakan kepuasan terhadap kualitas pelayanan publik, sehingga dibutuhkannya peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menggunakan strategi yang dinilai berdasarkan faktor ketatalaksanaan, komitmen pimpinan, kompetensi sumber daya manusia, sarana prasarana dan teknologi informasi. Melalui strategi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kelurahan Paninggilan Utara.
Tidak tersedia versi lain