Skripsi
Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada UMKM (Studi Kasus SKY Laundry)
SKY Laundry merupakan salah satu UMKM yang bergerak di sektor jasa, yang menyediakan layanan laundry express, yang berlokasi di daerah Jakarta Timur. SKY Laundry menerapkan sistem pembayaran non-tunai QRIS ini untuk menghindari penggunaan uang tunai, karena menurut pelaku usaha sendiri jika pelanggan atau masyarakat menggunakan uang tunai untuk membayar nominal kecil jarang untuk mendapatkan kembalian yang pas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam meningkatkan omset penjualan pada UMKM SKY Laundry. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi, dan penelaah dokumen yang memang diperlukan. Data akan yang diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang diterapkan di SKY Laundry sudah cukup efektif, tetapi masih ada beberapa kendala pada aspek pemahaman program dan aspek ketepatan waktu. Pada aspek pemahaman program masih kurangnya pemahaman maupun pengetahuan pelanggan dalam mengaplikasikan pembayaran melalui QRIS. Sedangkan pada aspek ketepatan waktu pelaku usaha maupun pelanggan masih terkendala pada bagian jaringan yang sewaktu-waktu kurang baik. Maka dari itu, pelaku usaha harus lebih meningkatkan pemahaman program QRIS kepada pelanggan dan menjaga sistem jaringan yang digunakan terkoneksi dengan rekomendasi ataupun saran yang sudah diberikan.
Tidak tersedia versi lain