Skripsi
Evaluasi Kegiatan Market Day Dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas 5 di SDN Mustikkajaya IV Kota Bekasi
Kewirausahaan merupakan seseorang yang memiliki sifat yang percaya diri, rajin, disiplin, mandiri, berani mengambil resiko saat menghadapi ancaman, serta mampu menciptakan dan mengembangkan usaha yang dibangun dengan memanfaatkan peluang yang ada. Ada 5 indikator jiwa kewirausahaan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada peserta didik sejak dini, yaitu: percaya diri, inisiatif, motif berprestasi, jiwa kepemimpinan dan berani mengambil resiko. Pengembangan karakteristik jiwa kewirausahaan merupakan salah satu cara dalam melaksanakan visi dari SDN Mustikajaya IV ini dengan membuat program kegiatan Market Day. Dimana dalam kegiatan Market Day ini tidak hanya menitikberatkan peserta didik pada kegiatan Market Day-nya saja, tetapi peserta didik juga diajarkan untuk mengetahui bagaimana proses produksinya, mengemas, dan juga memasarkannya. Evaluasi merupakan sebuah sarana sistematis untuk menentukan kualitas dan nilai terhadap suatu program atau kegiatan, yang dalam kegiatannya berisi mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterpretasikan, dan menyajikan informasi. Terdapat 4 indikator yang menilai kegiatan tersebut layak dijalankan atau tidak, yaitu: bukti, kesimpulan, penilaian, dan rekomendasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan kegiatan Market Day, proses evaluasi, serta tantangan dari kegiatan Market Day dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik di SDN Mustikajaya IV. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kegiatan market day ini telah maksimal dijalankan, peserta didik telah memahami tentang kewirausahaan dan kegiatan kewirausahaan, serta membantu mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik
Tidak tersedia versi lain