Skripsi
Analisis Proses Perencanaan Barang Hotel Patra Pada Direktorat Hospitality & Multiservices PT Patra Jasa
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah terjadinya perubahan kondisi pasar yang menyebabkan perubahan dalam penyusunan dokumen pendukung pekerjaan pengadaan, revisi pada penggunaan anggaran, serta menghabiskan waktu dalam proses perencanaan pengadaan barang di unit hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali faktor-faktor yang menyebabkan sejumlah masalah dalam proses perencanaan pengadaan barang hotel di Direktorat Hospitality & Multiservices PT Patra Jasa. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data dalam rangka memperoleh informasi yang valid melalui wawancara dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian ini, ditemukan masalah terjadi disebabkan oleh faktor identifikasi barang dan spesifikasi, analisis pasar, dan target pengadaan. Masalah dalam faktor-faktor tersebut terjadi karena kondisi pasar barang yang fluktuatif sehingga sulit untuk dianalisis situasinya secara optimal, hal ini kemudian mempengaruhi proses identifikasi barang dan spesifikasi dan menghambat penyelesaian target pengadaan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan oleh divisi kerja terkait. Rekomendasi untuk memperbaiki proses perencanaan pengadaan barang adalah dengan membentuk sebuah prosedur tata kerja yang menekankan analisis pada kondisi eksternal perusahaan serta memberikan kemampuan bagi divisi kerja untuk menyesuaikan dan beradaptasi terhadap perubahan kondisi pasar. Prosedur tata kerja ini juga perlu mengakomodasi proses kerja di lingkup internal perusahaan dan mendorong agar tahapan pengadaan berjalan baik dan hemat waktu serta biaya.
Tidak tersedia versi lain