Skripsi
Pengaruh Lingkungan Cafe dan Promosi Social Media Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha UMKM Nawa Taru Cafe Cipinang Muara
Pada era digital saat ini, dengan pertumbuhan pesat dalam industri, kompetisi semakin ketat di antara penyedia layanan. Hal ini mendorong usaha UMKM seperti Nawa Taru Cafe untuk fokus pada mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama dengan memberikan layanan yang lebih baik untuk lingkungan kafe. Studi ini bertujuan untuk menentukan pengaruh lingkungan kafe Nawa Taru Cafe Cipinang Muara dan promosi media sosial terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik sampling purposive non-probability. Data penelitian ini dianalisis menggunakan regresi sederhana pada 118 responden dari data primer dan sekunder dari tahun 2023 hingga 2024. Uji regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik menunjukkan bahwa variabel lingkungan kafe memiliki nilai t-hitung 5,043 lebih besar dari t-tabel 1,657, dan variabel promosi media sosial memiliki nilai t-hitung 6,286 lebih besar dari t-tabel 1,657, menunjukkan pengaruh positif kedua variabel terhadap minat beli. Uji simultan menunjukkan bahwa lingkungan kafe dan promosi media sosial bersama-sama mempengaruhi minat beli dengan nilai F-hitung 530,690 melebihi F-tabel 2,75. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar Nawa Taru Cafe meningkatkan kualitas lingkungan kafe, termasuk kebersihan dan pelayanan, untuk meningkatkan minat beli konsumen. Selain itu, promosi media sosial perlu lebih ditingkatkan dengan menggunakan berbagai platform untuk menarik lebih banyak pelanggan dan memperluas jangkauan pemasaran. Hal ini akan membantu Nawa Taru Cafe dalam meningkatkan daya tarik dan loyalitas konsumen di era digital yang kompetitif ini.
Tidak tersedia versi lain