Skripsi
Efektivitas Program Mampir Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak PBB Di Kelurahan Mustika Jaya Kota Bekasi
Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi salah satu sumber pendapatan penting bagi pembangunan daerah. Namun, tingkat kepatuhan wajib pajak PBB di Kelurahan Mustikajaya Kota Bekasi masih belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kota Bekasi menginisiasi Program Mampir Pelayanan (Mapay) yang bertujuan memberikan kemudahan layanan pembayaran PBB bagi warga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Program Mampir Pelayanan dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak PBB di Kelurahan Mustikajaya yang ditinjau dari 5 aspek yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program Mampir Pelayanan sudah mencapai tujuannya yaitu untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, banyaknya respon positif dari masyarakat terhadap program ini karena merasa pelayanan perpajakan menjadi lebih dekat, terjangkau, dan ramah. Namun, secara mengejutkan, penerimaan PBB di wilayah tersebut justru mengalami penurunan setelah program diimplementasikan. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang diberikan adalah sosialisasi dan edukasi secara intensif dan langsung kepada masyarakat,penguatan insentif dan sanksi, serta evaluasi secara berkala.
Tidak tersedia versi lain