PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Pengukuran Kinerja Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard

Ranny Puspitasari - Nama Orang; Muhammad Taufiq - Nama Orang;

Adanya tuntutan mayarakat terhadap ketersediaan data dan informasi statistik yang beragam,
berkualitas dan tepat waktu telah mendorong pentingnya dilakukan reformasi dan perubahan
di instansi Badan Pusat Statistik tidak terkecuali Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta.
Untuk mendukung terlaksananya reformasi khususnya di BPS Provinsi DKI Jakarta, perlu
adanya suatu sistem pengukuran yang dapat mencerminkan akuntabilitas kinerja BPS Provinsi
DKI Jakarta sebagai organisasi publik. Namun pengukuran kinerja BPS Provinsi DKI Jakarta
masih terbatas pada perspektif keuangannya saja, sedangkan dalam ukuran formal kinerja
organisasi pemerintah yang dikenal dengan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi
Pemerintah (LAKIP), efisiensi organisasi hanya diukur berdasarkan nilai input yang
dihabiskan dan ukuran-ukuran efektivitas berupa prosentase pencapaian target yang sudah
direncanakan. LAKIP belum dilengkapi dengan pengukuran aspek lain seperti kepuasan
pelanggan yang tidak hanya terbatas pada kepuasan akurasi dan cakupan data, kompetensi dan
komitmen sumber daya manusia serta inovasi pegawai untuk pengembangan pelayanan.
Sehingga BPS Provinsi DKI Jakarta belum dapat mengetahui secara komprehensif tentang
kinerja organisasi selama ini. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pengukuran kinerja yang
obyektif dan komprehensif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan Balanced
Scorecard, yang dikembangkan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton dari Havard
Business School pada tahun 1992. Pada model Balanced Scorecard, kinerja diukur dengan
indikator yang dikembangkan dari empat perspektif, yang meliputi: 1) perspektif keuangan, 2)
perspektif pelanggan, 3) perspektif proses bisnis internal, dan 4) perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran. Perspektif-perspektif tersebut saling berhubungan dan memiliki keterkaitan
yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2012 (Gdg)) 132 TMKN 2012
132522012
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
132 TMKN 2012
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2012
Deskripsi Fisik
210 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
NPM 11.KN.017
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2012
Info Detail Spesifik
SC
Pernyataan Tanggungjawab
Ranny Puspitasari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?