Tesis
Strategi Bersaing Kredit Korporasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK Pada Divisi BUMN Dan Institution
Dalam era globalisasi saat ini persaingan bisnis semakin ketat, khususnya di bidang perbankan. Dalam perbankan salah satu penopang perusahaan adalah perkreditan terutama penyaluran kredit kepada perusahan besar (Korporasi).Penelitian ini dilakukan dalam rangka menyusun suatu strategi yang coeok untuk digunakan oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam perkreditan Korporasi di Divisi BUMN & Institution. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisa Kualitatif deskriptif yang diarahkan untuk meraneang strategi. Objek penelitian adalah di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, divisi BUMN & Institution. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen, wawaneara dan observasi. Kemudian setelah sumber-sumber data terkumpul dilakukan analisis terhadap lingkungan eksternal dan kondisi faktor-faktor internal. Selanjutnya dari hasil kondisi eksternal dan internal tersebut dilakukan analisis dan perumusan strategi dengan menggunakan matrik EFAS (Eksternal Strategic Factors Summary), matrik IFAS (Internal Strategic Factors Summary), matrik SFAS (Strategic Factors Analysis Summary), matrik BCG (Boston Consulting Group), Space Matrix, matrik SWOTjTOWS dan analisis BSC (Balance Scorecard). Hasil penelitian dengan menggunakan matrik EFAS dengan skor 3,68 dengan peluang BNI dalam menghadapi aneaman untuk ekspansi eukup besar. Dengan matrik IFAS dengan skor 3,82 dimana BNI memilki kemampuan internal yang eukup kuat untuk mengatasi kelemahan. Dengan matrik SFAS dengan skor 4,1. Dengan matrik BCG pad a kuadran II (Star) dan strategi yang dianjurkan adalah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal. Sementara dengan Space Matrix pad a kuadran I (Agresif) yang berarti pertumbuhan dan market share yang tinggi. Terakhir dengan BSC hasilnya dengan seore 4,6 dimana kinerja Kredit korporasi sangat memuaskan ditahun 2011. Dari hasil pembahasan dan analisa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja ke depan diharapkan untuk meningkatkan ekspansi kredit korporasi divisi BUMN & Institution yaitu dengan eara mengoptimalkan kekuatan dan peluang yang ada untuk menghadapi aneaman dan kelemahan dengan melakukan ekspansi kredit melalui sindikasi sehingga bank-bank pesaing tidak saling menjatuhkan. Selain itu dari segi organisasi penulis berharap kepemimpinan seorang direksi dalam segmen unit Bisnis Banking hendaknya dapat dibagi dua yaitu direksi khusus Kredit Korporasi dan Direksi khusus Kredit Mengengah dan keeil. Sehingga dengan pembagian tersebut Direksi bisa lebih fokus lag dalam menjalankan bisnis
Tidak tersedia versi lain