Tesis
Manajemen Kinerja Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta
Manajemen kinerja organisasi MAN 4 Jakarta meliputi perencanaan kinerja, pengelolaan kinerja, evaluasi kinerja dan pengukuran kinerja bertujuan untuk dapat mengatahui dan menganalisis tentang faktor-faktor perencanaan kinerja, pengelolaan kinerja, evaluasi kinerja dan pengukuran kinerja yang mendorong perlunya MAN 4 Jakarta dalam menerapkan manajemen kinerja. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti dalam melakukan pengumpulan data memakai teknik: (1) Jenis data, terdiri dari: (a) data primer dan (b) data sekunder, (2) Instrumen pengumpulan data yang terdiri dari: (a) pedoman wawancara, (b) studi dokumentasi atau telaah dokumen. Sumber data dalam penelitian kualitatif ini adalah: (a) Informan yaitu wakil kepala manajemen mutu dan wakil kepala kelas internasional, (b) Observasi dan (c) Studi Dokumentasi (Pustaka)/Telaah Dokumen (buku-buku litelatur). Prosedur Pengelolaan data dilakukan dengan mengklasifikasikan materi data berupa: (a) catatan lapangan (hasil wawancara ,(b) gambar lokasi penelitian, (d) studi dokumentasi/telaah dokumen dan (e) Foto (terlampir). Analisis data yang dipakai adalah analisis reduksi data dan teknik validasi yang digunakan adalah teknik validasi triangulasi. Fenomena yang menunjukkan adanya masalah dengan kinerja MAN 4 Jakarta yang disebabkan oleh manajemen yang tidak bagus adalah: (1) Hasil Kerja Proses dan Kesesuaian Produk. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja proses yang dilakukan pada sasaran mutu dan program kerja tahun pelajaran 2011/2012, tingkat kinerja MAN 4 Jakarta sebagai berikut: (a) tealisasi tercapainya kepuasan pelanggan sebesar 76,27% dari 90% yang ditargetkan, (b) realisasi ditetapkannya sasaran mutu pada tiap bagian/fungsi dan program pencapaiannya sebesar 86,84% dari 100% yang direncanakan, (c) Realisasi tersosialisasikannya pemahaman dokumentasi tiap bagian/fungsi sebesar 84,21% dari 90% minimal yang ditergetkan, (d) Realisasi terlaksananya program peningkatan penerapan sistem manajemen mutu sesuai panduan ISO 9001:2008 sebesar 76,47% dari 100% yang di harapkan. Rerata tingkat kinerja sasaran mutu sebesar 80,89%. (2) Keluhan pelanggan dari siswa, orang tua, guru, pegawai dan stakeholders lainnya teridentifikasi sebagai berikut: (a) Pemahaman tentang SKS masih kurang, (b) Belum tersusun Modul pembelajaran setiap Mata pelajaran untuk mendukung realisasi SKS, (c) Jumlah Pendidik yang berpendidikan S2 belum memenuhi standar RMBI, (d) MAN 4 Jakarta belum memiliki Masjid yang representative. (3) Sesuai hasil Audit , baik internal ( AMI) v yang dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2012, maupun Audit Eksternal (AME) yang dilaksankan pada tanggal 13 dan 14 Januari 2012 oleh Sucofindo Internasional Certification Services (SICS) , pada MAN 4 Jakarta, ditemukan status minor dari Laporan Ketidaksesuaian/Potensi Ketidaksesuaian yaitu belum dibuatnya matrik keterkaitan sasaran mutu Madrasah dengan sasaran mutu fungsi/bagian. Akhirnya dapat dikemukakan bahwa faktor perencanaan kinerja, pengelolaan kinerja, evaluasi kinerja dan pengukuran kinerja masih perlu pembenahan yang memadai. Visi MAN 4 Jakarta belum memenuhi harapan pelanggan dan harus mendapat perhatian baik dari stakeholders internal maupun stakeholders eksternal. Pada perencanaan kinerja agar keterkaitan sasaran mutu madrasah dan sasaran mutu fungsi/bagian secepatnya dibuatkan secara matrik sehingga koordinasi sasaran mutu dengan bagian/fungsi lebih cepat memahami dan tahun 2012/2013 MAN 4 jakarta sudah harus memiliki panduan materi pembelajaran yang bernuansa islam. Segera dibuatkan data secara rinci tentang guru yang sudah memahami ataupun belum tentang SKS dan menyusun jadwal Kurikulum day untuk Sosialisasi tentang Pemahaman SKS. Melalui pelatihan pembuatan modul semua guru menyusun modul yang dikoordinir oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) masing-msing dan Wakil Kurikulum membuat jadwal Penyusunan modul secara bersama-sama. Kepala Madrasah menghimbau kepada semua tenaga pendidikan untuk melanjutkan ke-S2 Madrasah dengan memberikan bantuan program S2 kepada tenaga pendidik secara bertahap. Agar segera dibangun Masjid terpadu untuk siswa MAN, MTs dan MI dengan kapasitas 2600 Jamaah. Berkaitan dengan customer feedback, tingkat kepuasan pelanggan hasil survey terhadap seluruh siswa MAN 4 Jakarta mencapai 76,27% harus ditingkatkan dan harus mendapat perhatian semua pihak. Berkaitan dengan kinerja secara keseluruhan kinerja MAN 4 Jakarta mencapai 83,90% masih harus dioptimalkan lagi dengan pendidikan dan pelatihan untuk kinerja rendah dan reward bagi yang berkinerja tinggi. Melengkapi sasaran mutu bagian/fungsi dan program menjadi 38 bagian/fungsi. Terlaksananya 17 program peningkatan penerapan sistem manajemen mutu sesuai panduan ISO 9001:2008. Dibutuhkan pengoptimalan peningkatan Dalam proses pengelolaan kinerja, Untuk lebih memperluas pemahaman tentang system manajemen mutu MAN 4 Jakarta 2012/2013 perlu diselenggarakan workshop awareness atau model deseminasi lain kepada semua guru dan pegawai MAN 4 Jakarta. Untuk memperoleh evaluasi kinerja sesuai yang diharapkan lebih mendorong peningkatan kinerja MAN 4 Jakarta dan efektifitas penerapan system manajemen ISO 9001:2008, seluruh fungsi/bagian melaporkan dan mempresentasikan hasil kerja setiap bulan. Perlu penambahan biaya operasional dalam rangka merealisasikan program-program yang belum terealisir.
Tidak tersedia versi lain