Skripsi
Efektivitas Bauran Pemasaran Jasa Pada Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo (Studi Kasus: Jasa Poliklinik)
Strategi bauran pemasaran yang dilakukan dengan tepat dapat mempengaruhi keberhasilan produk atau jasa yang ditawarkan. Pelayanan jasa dalam bidang kesehatan sangat bergantung pada tingkat kunjungan pasien. Peningkatan tersebut memicu timbulnya persaingan antar rumah sakit. Dalam hal ini, pihak rumah sakit dituntut untuk lebih bekerja keras dan kreatif lagi dalam menarik para pasien yakni dengan mengembangkan strategi pemasaran. Strategi bauran pemasaran harus dilakukan dengan tepat sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan produk atau jasa yang ditawarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah bauran pemasaran jasa sudah efektif di Rumah Sakit Dr. Mintohardjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bauran pemasaran jasa di Rumah Sakit Dr. Mintohardjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bauran pemasaran jasa di Rumah Sakit TNI AL Dr. Mintohardjo khususnya di Poliklinik sudah efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan dilakukan dengan key informant method yaitu mencari informasi atau hal yang utama dari suatu objek penelitian dari informan terkait melalui wawancara. Selain itu data dilengkapi juga dengan melakukan observasi dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian ini adalah: 1. Bauran pemasaran aspek jasa poliklinik RSAL Mintohardjo sudah efektif. Lengkapnya layanan jasa di poliklinik sudah memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya pada khususnya dan masyarakat di seluruh Indonesia pada umumnya. 2. Bauran pemasaran aspek harga poliklinik RSAL Mintohardjo sudah efektif, pihak pemasaran sangat mempertimbangkan aspek prestige yang paling dominan, dimana tarif yang berlaku dijaga agar tidak jauh di bawah tarif rumah sakit lain sehingga terjangkau oleh pasien. 3. Bauran pemasaran aspek distribusi poliklinik RSAL Mintohardjo, dari segi tempat RSAL Mintohardjo sudah strategis. Dari segi saluran pemasaran, saluran pemasaran RSAL Mintohardjo sudah cukup banyak dan telah menyumbang cukup banyak kunjungan ke poliklinik. 4. Bauran pemasaran aspek promosi poliklinik RSAL Mintohardjo saat ini yang paling optimal adalah leaflet dan facebook. Namun bauran promosi ini masih kurang efektif karena masih kurangnya perencanaan promosi. Saran penulis adalah: 1. Bauran pemasaran aspek jasa, a. Poliklinik RSAL Mintohardjo sebaiknya membuat target pasar yang lebih spesifik lagi untuk mempermudah penyampaian jasa secara efektif dan efisien. b. Poliklinik juga perlu memiliki SDM dengan pengetahuan medis atau memberikan pelatihan kepada SDM yang ada tentang medis. c. Pihak manajemen perlu mempertimbangkan untuk menambah alat penunjang medis yang sedang dibutuhkan serta menambah jumlah TV di ruang tunggu 2. Bauran pemasaran aspek harga poliklinik RSAL Mintohardjo sebaiknya memberikan tarif yang lebih terjangkau oleh masyarakat, atau memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. 3. Bauran pemasaran aspek distribusi, a. Poliklinik RSAL Mintohardjo terus meningkatkan saluran pemasaran dengan mengadakan perjanjian kerjasama dengan perusahaan maupun asuransi yang tepat. b. Poliklinik juga sebaiknya memanfaatkan aplikasi SMS untuk mengingatkan jadwal operasi. 4. Bauran pemasaran aspek promosi, Poliklinik RSAL Mintohardjo sebaiknya membuat perencanaan dalam program promosi karena promosi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan demi eksistensi poliklinik tersebut.
Tidak tersedia versi lain