Skripsi
Evaluasi Atas Penerapan Balanced Scorecard (BSC) Pada Pengukuran Kinerja Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebon Jeruk
Pada tahun 2014 KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua mendapatkan target penerimaan sebesar Rp 1.395.000.000.000 dan terealisasi sebesar 90%, Berdasarkan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua tahun 2013 dan 2014 menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan formal Wajib Pajak belum dapat mencapai target yang diharapkan (72.5%) dan bahkan mengalami penurunan dari 72 % menjadi 68%. KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua telah menerapkan pengukuran kinerja berdasarkan BSC sejak tahun 2012, maka dalam hal ini perlu dilakukan evaluasi atas penerapan BSC pada pengukuran kinerja KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengevaluasi penerapan BSC pada pengukuran kinerja KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek yang dilakukan evaluasi adalah visi, nilai, misi, sasaran strategi, indikator kinerja utama dan komunikasi BSC pada KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pernyataan visi dan nilai KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua telah baik dan ideal, sedangkan pernyataan misi KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua belum memuat pernyataan yang ideal tentang sebuah misi; vii 2. Seluruh sasaran strategi pada KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua telah ideal karena saling berkaitan dan mempunyai hubungan sebab akibat dan terangkai dalam sebuah peta strategi KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua; 3. IKU KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua telah ideal tetapi proporsi IKU masing-masing perspektif pada KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua belum mencerminkan proporsi yang seimbang; 4. Peta strategi DJP dan BSC belum dikomunikasikan kepada seluruh pegawai KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua. Untuk itu penulis menyarankan : 1. Misi KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua dapat dilakukan perbaikan menjadi “Melaksanakan penyuluhan, pelayanan dan pengawasan di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak di wilayah kelurahan Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Duri Kepa bagi Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka menerapkan Undang-undang Perpajakan"; 2. Sasaran strategi yang telah ideal agar terus dipantau agar selalu sejalan dengan tujuan pencapaian tujuan KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua; 3. Perlu dilakukan penyesuaian IKU melalui penghapusan IKU yang tidak sesuai, penambahan IKU yang strategis, dan perbaikan IKU menjadi tolak ukur yang jelas dan terukur; 4. Agar peta strategi dan penerapan BSC dikomunikan secara sistematis dan terorganisir dengan baik kepada seluruh pegawai KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua sehingga manfaat BSC sebagai alat pengukuran kinerja sekaligus alat komunikasi tentang strategi organisasi kepada seluruh pegawai dapat tercapai.
Tidak tersedia versi lain