Skripsi
Penilaian Kinerja Koperasi Karyawan Balai Penataran Guru (KOKARBATARU) di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja Koperasi Karyawan Balai Penataran Guru di LPMP Provinsi DKI Jakarta tahun 2013. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek - aspek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: aspek badan usaha aktif; aspek kinerja usaha yang semakin sehat; aspek kohesivitas dan partisipasi anggota; aspek orientasi kepada pelayanan anggota; aspek pelayanan kepada masyarakat; aspek kontribusi terhadap pembangunan. Data yang diperoleh merupakan hasil dari wawancara dengan 4 informan kunci dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja KOKARBATARU di LPMP Provinsi DKI Jakarta tahun 2013 secara keseluruhan mendapat total skor 342 dan masuk dalam kualifikasi koperasi yang “Berkualitas”. Berikut penjelasan dari setiap aspeknya: Ditinjau dari aspek badan usaha aktif, kinerja KOKARBATARU dinilai Berkualitas; Dari aspek kinerja usaha yang semakin sehat, kinerja KOKARBATARU dinilai Berkualitas; Dari aspek kohesivitas dan partisipasi anggota kinerja KOKARBATARU dinilai Berkualitas; Dan dari aspek orientasi kepada pelayanan anggota, kinerja KOKARBATARU juga dinilai Berkualitas; Namun dari aspek pelayanan kepada masyarakat dan aspek kontribusi terhadap pembangunan daerah, kinerja KOKARBATARU dinilai Cukup Berkualitas. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis memberikan beberapa saran yaitu: Pada aspek badan usaha aktif, KOKARBATARU vii diharapkan membuka diri terhadap pengawasan/audit dari eksternal, serta segera merealisasikan pengadaan sistem informasi di kedua unit usaha yang dimilikinya; Pada aspek kinerja usaha yang semakin sehat, KOKARBATARU diharapkan memiliki harga produk/jasa yang lebih rendah dari pesaingnya, melakukan penggolangan pinjaman/kredit bermasalah, serta diharapkan memiliki inovasi dalam menciptakan produk/jasa baru yang tidak dihasilkan oleh badan usaha lain; Pada aspek kohesivitas dan partisipasi anggota, KOKARBATARU diharapkan dapat mencetak kader-kader handal, dapat menekan biaya operasional dan meningkatkan transaksi tunai pada unit usaha toko serta menambah ketaatan anggota dalam melakukan pembayaran angsuran pinjaman pada unit usaha simpan pinjam; Pada aspek pelayanan kepada masyarakat, KOKARBATARU diharapkan dapat menambah jenis pendidikan dan pelatihan baik bagi anggota, pengurus, maupun bagi kader pengurus. Selain itu juga, pelayanan yang diberikan oleh KOKARBATARU diharapkan dapat ditingkatkan; Pada aspek pelayanan kepada masyarakat, diharapkan KOKARBATARU dapat meningkatkan sebaran informasi bisnis kepada masyarakat serta turut berkontribusi dalam bidang sosial bagi masyarakat; Dan pada aspek kontribusi terhadap pembangunan daerah, KOKARBATARU diharapkan dapat berperan serta dalam pembangunan daerah.
Tidak tersedia versi lain