Skripsi
Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan TK.IV Dalam Pengembangan PNS Di Lingkungan Staf Sub Direktorat Pembinaan Kecabangan Direktorat Peralatan Angkatan Darat
Pendidikan dan pelatihan sebagai salah satu fungsi organik militer Angkatan Darat, berperan dalam menyiapkan sumber daya manusia di lingkungan TNI AD agar memiliki kriteria profesional. Pembinaan pendidikan dan pelatihan sangat berpengaruh langsung terhadap pengisian personel yang dibutuhkan di jajaran TNI AD dalam rangka menunjang kelancaran pencapaian tugas pokok Angkatan Darat. Staf Subditbincab Ditpalad juga memerlukan personel yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kepemimpinan untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) Tk.IV dalam pengembangan SDM di lingkungan Staf Subditbincab Ditpalad. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Sedangkan yang menjadi aspek penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Pengetahuan, (2) Keterampilan, (3) Sikap, dan (4) Kepemimpinan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa peranan Diklatpim Tk.IV dalam pengembangan SDM di lingkungan Staf Subditbincab Ditpalad vii secara umum sudah cukup baik. Untuk itu, penulis menyarankan beberapa hal untuk mengoptimalkan peranan Diklatpim Tk.IV tersebut, sebagai berikut: 1. Aspek pengetahuan: untuk para PNS yang telah mengikuti Diklatpim Tk.IV (alumni) agar lebih memperdalam pengetahuan dalam hal penyusunan perencanaan dalam suatu kegiatan guna mendukung tugas pokok dan tanggung jawab sehari-hari melalui modul, media komunikasi atau berdiskusi dengan teman sejawat maupun dengan pimpinan. 2. Aspek keterampilan: para Kabag (atasan alumni Diklatpim Tk.IV) agar menugaskan alumni tersebut untuk lebih meningkatkan kembali keterampilannya dalam hal memaksimalkan fasilitas kantor seperti pemakaian aplikasi dalam komputer dan menyumbangkan pemikiran dalam bentuk kreasi dan inovasi guna mendukung tugas sehari-hari. 3. Aspek sikap: para alumni telah memperlihatkan sikap yang baik dalam menunjang tugas pokok dan tanggung jawab pekerjaan sehari-hari, maka disarankan supaya sikap yang sudah baik tersebut dapat dipertahankan dan makin ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan instropeksi diri serta meminta masukan seperti kepribadian, cara bersikap, dan, emosi dari staf dan pimpinan. 4. Aspek kepemimpinan: para alumni telah menunjukkan kecakapannya dalam menggerakkan dan memberdayakan staf, maka para alumni agar kedepannya dapat lebih menghargai stafnya. Disini maksudnya, agar staf dianggap sebagai rekan kerja bukan bawahan semata sehingga tercipta hubungan kerja yang harmonis dan dapat berjuang bersama mencapai tujuan organisasi.
Tidak tersedia versi lain