Skripsi
Evaluasi Kinerja Produk Bancassurance PT BNI-Life Insurance Tahun 2009–2013
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kinerja produk bancassurance PT BNI Life Insurance tahun 2009 – 2013. Hal ini dilatarbelakangi oleh kinerja BNI Life yang menurun, terutama pada tahun 2011. Bancassurance merupakan aktivitas kerjasama antara Bank dengan perusahaan asuransi dalam rangka memasarkan produk asuransi melalui Bank. Adapun metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan instrument penelitian yang digunakan terdiri dari pedoman wawancara dan telaah dokumen. Dalam penelitian ini penulis menganalisis 8 (delapan) aspek kinerja produk jasa. Kedelapan Aspek tersebut memiliki sub aspek masing-masing dengan jumlah sub aspeknya yaitu 17 (tujuh belas) sub aspek. Berdasarkan analisis data ditemukan kinerja produk Bancassurance PT BNI Life Insurance dari 8 (delapan) aspek diatas belum baik. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran-saran terhadap produk Bancassurance PT BNI Life Insurance sebagai berikut. 1. Aspek Kinerja (performance), yaitu membuat program-program menarik untuk penjualan/pemasaran produk yang kinerjanya masih kurang. Dan petugas Bancassurance Specialist (BAS) yang belum berpengalaman dan baru selesai dari training sebaiknya dilakukan pendampingan serta monitoring. vii 2. Aspek Keistimewaan Produk (features), yaitu melakukan benchmark secara berkala dan melakukan pengembangan fitur-fitur produk bancassurance BNI Life. 3. Aspek Keterandalan/Reliabilitas (reliability), yaitu membuat layanan e-channel. Dan membuat layanan online berupa akun nasabah BNI Life. 4. Aspek Kesesuaian (conformance), yaitu melakukan review/evaluasi produk dari penilaian nasabah dengan cara pengisian kuisioner secara berkala. Dan melakukan diskusi pemahaman aturan dan ketentuan CO mengenai produk dan hal-hal yang terkait dengan produk bancassurance BNI Life. 5. Aspek Ketahanan (durability), yaitu mempermudah proses penerimaan manfaat kepada nasabah bagi nasabah yang mengalami keadaan sakit/ kecelakaan. Dan membuat program fasilitas antar jemput untuk para frontliner yang mengalami kecelakaan/dalam keadaan sakit. 6. Aspek Kemampuan Pelayanan (service ability), yaitu melakukan latihan/roleplay secara konsisten dan berkala setiap minggu. Dan membuat forum diskusi /cluster untuk sharing session antar pegawai setiap minggu ataupun setiap bulan. 7. Aspek Estetika (aesthetics), yaitu melakukan peningkatan performa semua aspek yang dinilai dalam survei lembaga atau majalah ternama. Dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial, atau ikut menjadi sponsor dalam kegiatan umum. 8. Aspek Kualitas yang Dirasakan (perceived quality), yaitu meningkatkan promosi produk baik melalui media cetak atauupun media masa. Dan menjalankan Customer Relationship Management dan hubungan baik dengan nasabah BNI atau nasabah BNI Life dengan melakukan maintenance nasabah secara berkala.
Tidak tersedia versi lain