Skripsi
Pengiriman Uang Dalam Negeri Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Menara MTH, Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengiriman Uang Dalam Negeri Melalui Teller pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Menara MTH, Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa telaah dokumen dan wawancara. Pada penelitian ini, yang merupakan kata kunci antara lain ; Pengiriman Uang dan Teller. Sedangkan hasil penelitian dilihat dari aspek pengiriman uang sesama BNI maupun ke Bank Lain menunjukkan bahwa pelayanan BNI Capem Menara MTH pada umumnya baik, transaksi Kiriman Uang cepat dan sampai pada tujuan yang diinginkan, volume transaksi Kiriman Uang Teller pada BNI Capem Menara MTH sesuai dan cukup dilakukan oleh 2 petugas Teller, dan pada umumnya transaksi Kiriman Uang pada BNI Capem Menara MTH sudah sesuai dengan Pedoman Perusahaan. Namun, masih terdapat retur atau penolakan Kiriman Uang, khususnya Kiriman Uang ke Bank lain. Hal ini disebabkan 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal antara lain adanya kesalahan penginputan dari petugas Teller saat melakukan proses transaksi Kiriman Uang, yang biasa terjadi adalah kesalahan pengejaan nama penerima, nomor rekening ix penerima, dan kode bank yang dituju. Adapun untuk faktor eksternal adalah dari sisi nasabah pengirim, dimana terjadi kekurangan atau kesalahan penulisan formulir Kiriman Uang. Untuk permasalahan-permasalahan di atas, penulis memberikan saran baik untuk aspek pengiriman uang sesama BNI maupun ke Bank Lain sebagai berikut ; perlu ditingkatkannya sikap ketelitian petugas bank, khususnya Teller dalam melakukan transaksi, selalu mengkonfirmasi ulang nama, nomor rekening , bank penerima kepada nasabah pengirim sebelum melakukan proses transaksi. Hal ini bisa dilakukan dengan roleplay, training/pelatihan kepada para petugas Teller. Kemudian untuk nasabah pengirim diperlukannya edukasi dan informasi tentang pengisian formulir yang baik dan benar. Dengan solusi-solusi tersebut, diharapkan BNI, khususnya BNI Capem Menara MTH, Jakarta dapat selalu meningkatkan pelayanan kepada nasabah, sehingga tercapai kepuasan nasabah.
Tidak tersedia versi lain