Skripsi
Komunikasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Dalam Pengelolaan Keamanan Informasi Berdasar ISO/IEC 27001:2005 Pada Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan
Pusat Data dan Informasi merupakan salah satu unit kerja di Kementerian Kesehatan RI, salah satu tugas pokok dan fungsi dari Pusat Data dan Informasi sebagaimana tercantum dalam 1144/MENKES/PER/VIII/2010 tanggal 19 Agustus 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan, Pusat Data dan Informasi mempunyai kedudukan sebagai unsur pendukung pelaksanaan tugas di bidang data dan informasi kesehatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan melalui Sekretaris Jenderal Sebagai unit kerja yang memberikan layanan informasi Pusdatin melaksanakan pelayanan yang diantaranya adalah melayani permintaan informasi baik di lingkungan Kementerian Kesehatan maupun publik, menangani pengelolaan keamanan informasi, dan mengelola jaringan teknologi informasi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Dan dalam rangka turut berperan serta dalam upaya pemerintah untuk melakukan pengamanan dalam hal informasi, Pada tahun 2013 Pusat Data dan Informasi berhasil mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2005 mengenai keamanan informasi. Namun ternyata untuk mengimplementasikan standar ISO/IEC 27001:2005 tidaklah mudah, masih terdapat ketidaksesuaian yang ditemukan dalam proses nya seperti ditemukannya SOP yang belum dilaksanakan sepenuhnya, team Security Officer ISO yang vi belum sepenuhnya menjalankan fungsinya, pendistribusian tugas atau pekerjaan yang belum merata, program reward dan punishment yang belum terlaksana sampai dengan pelaksanaan pelatihan atau training yang belum tepat sasaran. Hal-hal tersebut terjadi dikarenakan kegiatan komunikasi vertikal baik keatas maupun kebawah dan komunikasi horisontal belum terjadi dengan optimal, jika hal tersebut terus terjadi maka dapat mempengaruhi kinerja para pegawai terutama dalam hal pengelolaan keamanan informasi. Untuk itu, penulis tertarik untuk menggali lebih dalam latar belakang permasalahan yang menyebabkan kurang optimalnya komunikasi yang terjadi di lingkungan Pusat Data dan Informasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa intesitas komunikasi vertikal kebawah seperti penyampaian kebijakan dalam hal ini standar ISO/IEC 27001:2005 telah dilaksanakan bagi para pegawai, namun ternyata masih terdapat pegawai yang belum paham tentang standar ISO/IEC 27001:2005, kemudian security officer yang belum berkomitmen untuk melaksanakan fungsinya sebagai pengawas di masing-masing bidang serta Pimpinan dan pegawai yang juga belum berkomitmen dalam implementasi ISO/IEC 27001:2005. Disamping itu, ditemukan juga pegawai yang dikirim mengikuti pelatihan belum mengaplikasikan ilmunya dan berbagi ilmu dengan rekan sekerjanya, dan pendistribusian pekerjaan yang belum merata serta reward dan punishment yang sulit diterapkan karena berhubungan dengan anggaran. Diperlukan ketegasan, dan komitmen baik dari para pimpinan maupun para pegawai untuk melaksanakan standar ISO/IEC 27001:2005, dan etika dalam berkomunikasi di lingkungan kerja, kemampuan sebagai pendengar yang baik serta membudayakan atau membuat forum diskusi bersama secara rutin. Dengan demikian diharapkan akan dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis sehingga kinerja pegawai dalam mengelola keamanan informasi berdasar pada ISO/IEC 27001:2005 dapat meningkat sehingga tujuan organisasi pun akan terlaksana.
Tidak tersedia versi lain