Skripsi
Bauran Promosi Pada Omi Market Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Di Jakarta
Bauran promosi merupakan salah satu komponen dari bauran pemasaran yang merupakan senjata bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar. Omi Market RSPAD Gatot Subroto dalam meningkatkan perluasan pangsa pasar harus menjalankan bauran promosi agar dapat meningkatkan penjualan. Bauran promosi yang dimaksud ialah pemilihan bauran promosi yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai. Penulis skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi pada Omi Market RSPAD Gatot Subroto. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif , sedangkan instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari pedoman wawancara dan telaah dokumen. Dalam penelitian ini penulis meneliti aspek-aspek bauran promosi, yaitu Periklanan dan Promosi Penjualan. Adapun sub aspek dari kedua aspek tersebut yaitu, sub aspek dari periklanan adalah gambar tempel dan benner dan Sub aspek dari Promosi Penjualan adalah potongan harga, hadiah, voucher dan brosur. Penilitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1. Ditinjau dari aspek Periklanan, bahwa periklanan yang dijalankan saat ini berjalan kurang maksimal, hal ini dibuktikan bahwa masyarakat yang berada di luar lingkup RSPAD GS kurang viii memahami betul tentang iklan yang sedang dilaksanakan oleh Omi market RSPAD GS, karena pemasangan gambar tempel ataupun benner masih berada di dalam lingkungan RSPAD saja. 2. Ditinjau dari aspek Promosi Penjualan, promosi yang ditawarkan belum menggugah konsumen untuk melakukan pembelian saat itu juga. Untuk itu perlu meningkatkan lagi bentuk promosi yang lebih baik lagi, sehingga sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran-saran terhadap bauran promosi sebagai berikut : 1. Saran untuk Aspek periklanan : agar menerapkan periklanan yang idealnya isi pesan harus memiliki attention (perhatian), mempertahankan minat (interest), membangkitkan hasrat ( desire ), dan menghasilkan tindakan (action)yang dikenal dengan model AIDA, karena dengan terpenuhinya konsep AIDA tersebut akan menghasilkan pesan yang bagus dan mudah untuk dipahami oleh konsumen. 2. Saran untuk Aspek Promosi Penjualan : agar memberikan atau menawarkan promosi yang lebih menarik lagi kepada konsumen, karena dengan menariknya hadiah, potongan harga serta voucher akan dapat mendorong konsumen untuk melaksanakan pembelian yang lebih.
Tidak tersedia versi lain