Skripsi
Bauran Pemasaran Tabungan BTN Prima Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), TBK. Kantor Cabang Jakarta Kebon Jeruk
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran Tabungan BTN Prima pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero),Tbk khususnya pada Kantor Cabang Jakarta Kebon Jeruk. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen dan wawancara dengan key informant. Hasil dalam penelitian ini adalah Produk, Promosi, Sumber Daya Manusia dan tempat. Penulis menilai keempat aspek tersebut lebih dominan dan lebih relevan dengan apa yang penulis teliti. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1. Ditinjau dari aspek Produk, pengembangan Tabungan BTN Prima sudah cukup baik, namun pengembangannya belum dilakukan secara optimal. 2. Ditinjau dari aspek Promosi, iklan untuk Tabungan BTN Prima sudah dilakukan melalui berbagai media massa baik media cetak dan media elektronik. 3. Ditinjau dari aspek Sumber Daya Manusia, kemampuan yang dimiliki oleh setiap individual karyawan masih belum baik dan harus terus belajar melalui pelatihan yang berhubungan dengan tugas masing-masing dan sosialisasi standar prosedur kerja. 4. Lokasi BTN KC Kebon Jeruk sudah berada di wilayah yang strategis, akan tetapi vii ada beberapa lokasi yang berada di titik rawan banjir sehingga mengganggu layanan operasional. Berdasakan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut: 1. Ditinjau dari aspek Produk, perlu dilakukan peningkatan lebih lanjut dalam pengembangan bidang teknologi khususnya pembenahan jaringan sistem untuk memudahkan transaksi nasabah. 2. Ditinjau dari aspek Promosi, perlu dilakukan penambahan frekuensi kegiatan promosi melalui media massa dan kegiatan pemasaran langsung yang lebih agresif. 3. Ditinjau dari aspek Sumber Daya Manusia, perlu dilakukan penambahan tenaga kerja. Selain itu pelatihan yang harus diberikan lebih sering lagi dikarenakan kemampuan karyawan yang masih belum maksimal, dan pemberian insentif yang seimbang kepada setiap karyawan untuk dapat memotivasi kerja karyawan tersebut. 4. Ditinjau dari aspek Tempat, perlu diadakan relokasi untuk lokasi yang berada di titik banjir.
Tidak tersedia versi lain