Skripsi
Bauran Pemasaran Asuransi Jasindo Oto Pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Jakarta S Parman
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bauran Pemasaran Asuransi Jasindo Oto pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Jakarta S Parman. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu, produk, harga, distribusi dan promosi. Data yang diperoleh merupakan hasil dari wawancara dengan 6 informant dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Produk Jasindo Oto melalui paket gold, silver dan classic dinilai sudah sudah cukup variatif dan menjangkau berbagai segmen pelanggan 2. Harga atau besaran tarif yang dikenakan kepada konsumen sudah diatur oleh regulator Otoritas Jasa Keuangan. 3. Saluran distribusi melalui keagenan dan broker sudah berjalan dengan baik. Namun perlu peningkatan jumlah dan sebaran lokasi baru agar menjangkau wilayah-wilayah yang belum terlayani. 4. Promosi yang dilakukan secara keseluruhan belum maksimal, terutama promosi melalui media massa, yaitu televisi, radio, majalah dan surat kabar. viii Berdasarkan beberapa kesimpulan tersebut, maka penulis memberikan beberapa saran yaitu : 1. Aspek Produk Produk yang ditawarkan harus lebih inovatif dengan menciptakan produk-produk yang diminati masyarakat dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi. 2. Aspek Harga Oleh karena harga sudah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan, dan untuk memenangkan persaingan dengan sesama maskapai asuransi, maka PT. Asuransi Jasindo S Parman harus lebih mengoptimalkan pelayanan (service), baik pada saat pembelian maupun pasca pembelian. 3. Aspek Distribusi. Untuk memperluas segmentasi pasar, maka agen potensial dan broker perlu ditambah jumlahnya, kerjasama dengan perbankan, dealer dan lembaga pembiayaan perlu ditingkatkan lagi. 4. Aspek Promosi PT. Asuransi Jasindo harus meningkatkan promosi terutama periklanan melalui media massa, dan untuk memperkenalkan produknya agar diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas, PT. Asuransi Jasindo harus aktif dalam kegiatan atau event-event penting, misalnya menjadi sponsor olahraga, dan lain lain.
Tidak tersedia versi lain