Skripsi
Efektivitas Bauran Promosi Asuransi Jiwa Pada Sinarmas Financial Services
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bauran promosi asuransi jiwa pada Sinarmas Financial Services. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari pedoman wawancara, telaah dokumen, dan penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden. Dalam penelitian ini penulis meneliti aspek-aspek bauran promosi, yaitu Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, dan Penjualan Perorangan. Adapun subaspek dari keempat aspek tersebut yaitu, subaspek dari Periklanan adalah iklan televisi, papan reklame,dan banner, Subaspek dari Promosi Penjualan adalah Booth,hadiah, voucher, brosur. Subaspek dari Publisitas adalah seminar pendidikan dan seminar kesehatan, dan aspek terakhir Penjualan Perorangan mempunyai subaspek usher, dan Financial Advisor. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Bauran Promosi Asuransi Jiwa pada Sinarmas Financial Services secara keseluruhan belum berjalan efektif. Dilihat dari aspek Periklanan, bahwa periklanan yang dijalankan seperti papan reklame belum mempengaruhi konsumen dengan iklan yang disampaikan. Dari aspek Promosi Penjualan, promosi yang ditawarkan belum menggugah konsumen untuk melakukan pembelian saat itu juga. Dari aspek Publisitas, kegiatan yang dilaksanakan kurang menarik minat masyarakat. Dan dari aspek Penjualan Perorangan, personil Penjualan Perorangan belum mencapai vii target yang ditentukan oleh perusahaan. Untuk itu perlunya meningkatkan lagi bentuk promosi yang lebih efektif lagi agar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran-saran tehadap bauran promosi sebagai berikut. 1. Aspek periklanan agar menerapkan periklanan yang idealnya isi pesan harus memiliki perhatian (attention), mempertahankan minat (interest), membangkitkan hasrat (desire), dan menghasilkan tindakan (action) yang dikenal sebagai model AIDA, karena dengan memenuhinya model tersebut akan terpenuhinya sebuah pesan yang bagus dan efektif. 2. Aspek Promosi Penjualan agar memberikan insentif yang lebih menarik lagi kepada nasabah, karena dengan menariknya hadiah yang ditawarkan maka akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. 3. Aspek Publisitas agar mengadakan kegiatan hubungan masyarakat yang umum siapa saja bisa menghadiri, tidak hanya tamu undangan saja yang bisa hadir dalam kegiatan tersebut. 4. Aspek Penjualan Perorangan agar meningkatkan kualitas personil penjualan peroranngannya (usher dan Financial Advisor) dengan melakukan training lebih efektif lagi, agar mempunyai skill yang lebih kompeten dan daya tarik yang lebih baik lagi sehingga akan dapat meningkatkan produktivitas.
Tidak tersedia versi lain