Skripsi
Analisis Promosi Wisata Pada UPT Taman Arkeologi Onrust Dalam Rangka Pembangunan Kepariwisataan Di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang gambaran kegiatan promosi pada UPT Taman Aekologi Onrust. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, telaah dokumen dan observasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang wisata, pembangunan kepariwisataan dan promosi wisata. Sedangkan yang menjadi aspek penelitian yaitu sebagai berikut : 1) aspek iklan; 2) aspek hubungan masyarakat; 3) aspek bantuan penjualan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1. Aspek iklan. Iklan tentang Taman Arkeologi Onrust disponsori oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, sementara UPT Taman Arkeologi Onrust sendiri tidak mengiklankan Taman Arkeologi Onrust dengan alasan kondisi kawasan Taman Arkeologi Onrust belum layak jual karena bangunan cagar budaya yang ada belum direkonstruksi. Sementara pengunjung sendiri lebih mempersoalkan kepada fasilitas yang ada di Taman Arkeologi Onrust. vii 2. Aspek hubungan masyarakat. Kegiatan promosi dalam bentuk dan aktivitas kehumasan telah dilakukan oleh UPT Taman Arkeologi Onrust yaitu dengan cara membuat akun di media sosial sebagai pusat informasi dan mengundang wartawan untuk menyebarkan informasi tentang pameran serta Festival Onrust yang dilaksanakan UPT Taman Arkeologi Onrust. 3. Dalam hal ini UPT Taman Arkeologi Onrust telah mencetak berbagai material promosi, yaitu leaflet, booklet dan VCD. Material promosi tersebut diberikan kepada pengunjung umum, agen perjalanan dan peneliti. Adapun saran yang saya ajukan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut : 1. Ketika akan mengiklankan Taman Arkeologi Onrust perlu ada koordinasi antar pihak Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan UPT Taman Arkeologi Onrust sehingga ada titik temu tentang media dan pesan yang ingin ditonjolkan dalam penayangan iklan tentang Taman Arkeologi Onrust. 2. Lebih aktif untuk berbagi informasi di media sosial dan memprioritaskan kalangan media online untuk memberitakan tentang kegiatan pameran dan festival onrust yang dilaksanakan oleh UPT Taman Arkeologi Onrust. 3. Perlu ada tambahan muatan informasi dari material promosi yang ada sehingga lebih infomatif bagi pengunjung dan untuk distribusi material promosi agar jangkauan lebih luas dapat dititipkan di hotel-hotel yang ada di wilayah DKI Jakarta.
Tidak tersedia versi lain