Tesis
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Limit, Tempat Dan Promosi Terhadap Hasil Lelang Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Pekanbaru
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh penciptaan kualitas produk yang baik, penetapan nilai limit yang tepat, pemilihan tempat yang representatif dan penggunaan sarana promosi yang handal terhadap hasil lelang pada KPKNL pekanbaru. Penelitian ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat sebagai berikut: 1. Memberikan gambaran bagi masyarakat luas mengenai penjualan barang melalui mekanisme lelang terutama mengenai pengaruh kualitas produk, harga limit, tempat dan promosi terhadap hasil lelang; 2. Sebagai bahan masukan bagi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara – Kementerian Keuangan RI cq. KPKNL Pekanbaru dalam rangka meningkatkan keberhasilan pelaksanaan lelang; 3. Memberikan tambahan wawasan bagi ilmu pengetahuan terutama mengenai alternatif transaksi jual beli barang yang baik. Untuk mengidentifikasi dan menguji pengaruh kualitas produk, harga limit, tempat dan promosi terhadap laku terjual atau tidak laku terjualnya obyek lelang (sold) pada KPKNL Pekanbaru, alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi binari berganda model logit oleh karena variabel dependen (Y) mengenai terjual atau tidak terjualnya hasil lelang (sold) bersifat kualitatif. Untuk mengidentifikasi dan menguji pengaruh kualitas produk, harga limit, tempat dan promosi terhadap tingkat harga yang terbentuk dalam pelaksanaan lelang (Auciont Price) pada KPKNL Pekanbaru, alat analisis yang digunakan adalah digunakan analisis regresi metode kuadrat terkecil (ordinary least square=OLS) atau sering disebut juga dengan metode kuadrat terkecil klasik (classical least square=CLS) oleh karena variabel dependen (Y) mengenai tingkat harga yang terbentuk dalam pelaksanaan lelang (Auction Price) bersifat kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Variabel kualitas produk / obyek yang dilelang (Quality of Product) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap terjual atau tidaknya obyek yang di lelang (sold) maupun harga lelang yang terbentuk (Auction Price) maka untuk meningkatkan hasil lelang kiranya pemohon lelang maupun KPKNL Pekanbaru bisa lebih fokus kepada faktor lain yang memiliki pengaruh signifikan secara positif terhadap hasil lelang. 2. Variable tempat pelaksanaan lelang (Place) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap terjual atau tidaknya obyek yang di lelang (sold) namun berpengaruh secara signifikan terhadap harga lelang yang terbentuk (Auction Price) maka untuk meningkatkan hasil lelang kiranya pemohon lelang maupun KPKNL Pekanbaru bisa lebih fokus kepada faktor lain yang memiliki pengaruh signifikan secara positif terhadap hasil lelang.
Tidak tersedia versi lain