Tesis
Pengaruh Etika, Komunikasi Dan Manfaat Review Quality Assurance (QA) Terhadap Kepuasan Auditee Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
BNI melakukan langkah-langkah strategis melalui visi, misi, value, menerapkan Good Corporate Governance dan Total Quality Management disetiap lini organisasi, termasuk diantaranya pada aparat pengawasannya yaitu Quality Assurance. Manajemen BNI mengharapkan QA mampu menjadi partner strategis bagi auditee sehingga secara sinergis dapat meningkatkan kinerja BNI, mengurangi fraud dan in-efisiensi. Berdasarkan masukan, keluhan auditee kepada manajemen tentang belum optimalnya peran dan kualitas kerja QA, serta belum adanya pengukuran tingkat kepuasan auditee di BNI, maka memotivasi penulis untuk melakukan penelitian ini. Dengan diketahuinya tingkat kepuasan auditee yang merupakan internal customer QA, pemetaan fungsi-fungsi penting yang tingkat kepuasannya rendah, maka dapat diberikan saran/rekomendasi spesifik kepada manajemen sehingga dapat menetapkan kebijakan strategis yang tepat terkait fungsi QA yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan dan kinerja auditee. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analistik dengan menggunakan metode Statistical Product and Solution Service (SPSS) versi 17.00. Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat kualitas kerja QA belum memenuhi harapan auditee sehingga tingkat kepuasannya juga belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data bahwa kesenjangan (gap) tiap dimensi kualitas kerja QA semua bernilai negatif dan tingkat kepuasannya masih di bawah seratus persen. Kebijakan strategis yang perlu segera diambil dan menjadi prioritas bagi manajemen BNI dalam rangka meningkatkan kepuasan auditee dan kinerja QA adalah melakukan pelatihan QA tentang kemampuan pengumpulan data dan komunikasi yang efektif, menyempurnakan ketentuan tentang tindak lanjut hasil review, menyempurnakan alur kerja review, meningkatkan kualitas dan supervisi terhadap QA, dan menciptakan mekanisme umpan balik auditee secara periodik sehingga dapat dilakukan perbaikan kinerja QA dan meningkatkan kepuasan auditee secara berkelanjutan.
Tidak tersedia versi lain