Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai kementerian sekretariat negara. dengan dua variabel yaitu kualitas pelayanan (x) dan kepuasan pelanggan (y). Metode yang diterapkan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengamati sebagian populasi, kuesioner sebagai alat bantu dalam pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah sebagian populasi dari pelanggan pada Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara. Teknik pengambilan sampel yaitu sebagian dari populasi sebanyak 2521 responden, dengan metode convenience sampling. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah uji validitas untuk mengetahui taraf signifikan, uji reliabilitas untuk mengetahui pernyataan-pernyataan dalam kuesioner dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha dan analisis deskriptif menggunakan uji validitas dan uji t, untuk membuktikan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara, dengan menggunakan uji Chi-Square atau Kuadrat. Dari perhitungan koefisien korelasi antara x dan y yang dihasilkan 68,3%, berarti antara variabel kualitas pelayanan dan variabel kepuasan pelanggan pada Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara terdapat korelasi yang cukup mempengaruhi. Dengan demikian terdapat 31,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Adapun saran yang dapat disampaikan penulis kepada Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara adalah sebagai berikut: 1. Kualitas Pelayanan merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pihak Sub Bidang Usaha Toko Omi Mart Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara hendaknya dapat mempertahankan serta meningkatkan bentuk pelayanan yang dapat dilihat secara langsung. viii 2. Keluhan pelanggan secepatnya dapat ditanggapi sehingga kebutuhannya para pelanggan mendapatkan kepuasan. 3. Hal-hal yang bersifat eksternal seperti ketidakjujuran responden dalam memberikan data dan persepsi mereka yang berbeda dan lain sebagainya berada di luar kemampuan penulis.
Tidak tersedia versi lain