Skripsi
Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Poliklinik Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta
Memasuki abad ke 21 yang semakin maju, sudah seharusnya bahwa pendekatan mutu paripurna yang berorientasi kepada kepuasan, pelayanan kesehatan yang bermutu dan aman, merupakan hasil kerjasama semua profesi kesehatan terkait. Mutu layanan kesehatan akan ditentukan oleh berbagai profesi layanan kesehatan yang terdapat di dalam organisasi layanan kesehatan tersebut. Mutu pelayanan kesehatan juga ditentukan pula oleh mutu manajemen organisasi layanan itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas jasa pelayanan kesehatan di Poliklinik BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metoda triangulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai di Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Sampel penelitian dihitung dengan rumus minimal sample size dengan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling (n=56). Data yang terkumpul vii selanjutnya dianalisis secara univariat dengan distribusi frekuensi, wawancara dengan dokter penanggungjawab poliklinik dan hasil foto sebagai sumber observasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas jasa pelayanan kesehatan Poliklinik terhadap kepuasan pasien Poliklinik Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Dengan metoda triangulasi menunjukan bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi kepuasan pasien Poliklinik BPK RI Perwakilan DKI Jakarta adalah Daya Tanggap (Responsiveness) untuk kualitas Jasa Pelayanan dan Image untuk kepuasan pasien, kemudian faktor terendah yang mempengaruhi kepuasan pasien Poliklinik BPK RI Perwakilan DKI Jakarta adalah jaminan (assurance) untuk kualitas jasa pelayanan dan faktor karakteristik produk untuk kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan kepada pihak medis poliklinik BPK RI Perwakilan DKI Jakarta agar dapat meningkatkan Jaminan (Assurance) agar pasien semakin percaya, menambah peralatan medis untuk keperluan pemeriksaan pasien
Tidak tersedia versi lain