Tesis
Pengaruh Tingkat Pemahaman Peraturan Kehidupan Mahasiswa (PERDUPMA) Dan Kurikulum Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara
Mahasiswa dalam melaksanakan pendidikan prestasinya meningkat dan menurun dimana ini dipengaruhi oleh berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, oleh karena itu mahasiswa harus dapat mengatasi setiap permasalahan yang terkait motivasi mereka agar tidak gagal dalam mengikuti perkuliahan. Motivasi berprestasi adalah motif yang mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam bersaing, baik berasal dari standar prestasinya sendiri diwaktu lalu ataupun prestasi orang lain, yang terpenting disini adalah bagaimana caranya agar ia dapat mencapai suatu prestasi tertentu. PERDUPMA selain berdampak pada bidang akademis juga akan berpengaruh pada motivasi dari setiap mahasiswa. Hal ini disebabkan karena sebelum memasuki kampus STSN yang berasrama, mahasiswa sudah terbiasa dengan kehidupan rumah dan lingkuan sekitarnya yang dapat dikatakan sedikit lebih bebas. Sedangkan selama mengikuti pendidikan di STSN mereka dihadapkan oleh situasi yang berbeda, mereka dituntut untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku. Faktor lain yang mempengaruhi motivasi mahasiswa adalah kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pengaruh pemahaman Peraturan Kehidupan Mahasiswa dan kurikulum baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kuantitatif dengan pendekatan statistic parametric dengan menggunakan metode surveys. Jenis analisis yang digunakan yaitu analisis regresi, korelasi dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan pertama, pemahaman Peraturan Kehidupan Mahasiswa memberikan pengaruh yang sedang pada motivasi berprestasi mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara. Kedua, kurikulum memberikan pengaruh yang kecil pada motivasi berprestasi mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman Peraturan Kehidupan Mahasiswa dan Kurikulum secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara.
Tidak tersedia versi lain