Tesis
Analisis Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai di Bagian Tata Usaha Biro Umum Sekretariat Utama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia
Kompetensi merujuk pada kumpulan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki oleh seseorang dalam konteks tertentu. Kompetensi mencerminkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas, pekerjaan, atau aktivitas dengan baik dan efektif. Sebagai objek penelitian, Bagian Tata Usaha (Bag Tu) Biro umum settama Lemhannas RI mempunyai 3 (tiga) elemen pegawai yang berasal dari ASN, TNI dan Polri dengan berbagai latar belakang pendidikan dan keahlian nya. Kompetensi di Bag Tu sendiri mempunyai peran yang sangat krusial dalam mendukung Kinerja organisasi. Namun, perlu beberapa langkah untuk meningkatkan dan memaksimalkan tingkat kompetensi pegawai untuk mewujudkan optimalisasi kinerja pegawai. Analisa kompetensi pegawai dibutuhkan dalam rangka menilai kualitas pegawai saat ini dengan memperhatikan korelasinya terhadap kompetensi yang dimiliki tiap-tiap pegawai. Penelitian bertujuan untuk menilai kinerja pegawai , serta mengetahui kompetensi pegawai tersebut kemudian menganalisanya untuk mengidentifikasi dampak kompetensi terhadap kinerja Pegawai di Bag Tu. Sedangkan manfaatnya yaitu mendapatkan pengetahuan terkait kondisi kinerja dan kompetensi pegawai di Bag Tu, mempunyai gambaran terkait hambatan atau kendala yang dihadapi pegawai dalam melaksanakan tugas, serta memperoleh solusi pemecahan masalah terkait dengan peningkatan kompetensi yang dapat memperbaiki kualitas kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument penelitian berupa pendoman wawancara, dokumen pendukung, literatur dan observasi. Adapun sumber informan yang digunakan dalam penelitian meliputi keterangan dari Kepala Biro Umum, Kepala Bagian Tata Usaha, Para Pejabat Eselon III di kedeputian, serta para kasubbag dan Staf di Bag Tu. Penulisan ditulis dengan pendekatan kualitatif, karena permasalahan yang diangkat berhubungan dengan manusia yang berdasarkan pada pengamatan. Penilaian kompetensi di Bag Tu meliputi beberapa aspek seperti kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap. Adapun penilaian terkait kinerja dapat dinilai dari aspek efektivitas dan efisiensi, otoritas dan tanggung jawab, disiplin, serta inisiatif. Kondisi kinerja setiap pegawai mempunyai tingkat yang berbeda beda, namun tetap dalam standar yang sesuai dengan tujuan organisasi. Begitu pula tingkat kompetensi pegawai, yang memiliki kondisi dan tingkat yang berbeda beda, sesuai dengan tugas dan fungsinya. Adanya analisa dampak dalam penelitian, yaitu untuk meningkatkan produktivitas, kualitas kerja, kemampuan beradaptasi, kepercayaan diri, dan peluang karir melalui kompetensi yang baik dalam membantu peningkatan kualitas kinerja organisasi.
Tidak tersedia versi lain