Tesis
Model Rekrutmen Internal Karyawan PT. Bank KB Bukopin KCU Kelapa Gading
Bank KB Bukopin Cabang Kelapa Gading merupakan salah satu lembaga perbankan yang memiliki pengaturan dan kebijakan yang lengkap terkait dengan masalah sumber daya manusia atau mengenai masalah rekrutmen, salah satunya rekrutmen internal. Dalam rangka memperoleh pegawai yang memenuhi kebutuhan Bank KB Bukopin dan memandang begitu pentingnya sumber daya manusia dalam pelaksanaan dan pencapaian tujuan sebuah perusahaan, maka pengelolaan sumber daya manusia harus memperhatikan beberapa hal. Ketepatan dalam menyusun model rekrutmen secara otomatis akan berdampak pada intensitas rekrutmen itu sendiri dengan asumsi rekrutmen yang dilakukan telah melahirkan pegawai yang memiliki komitmen tinggi dan kinerja yang baik. Sebaliknya, penerapan model rekrutmen yang salah akan melahirkan karyawan dengan komitmen yang rendah sehingga akan tersesat di tengah jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat rekrutmen serta mengetahui model rekrutmen internal yang dilakukan di Bank KB Bukopin KCU Kelapa Gading. Teori yang digunakan adalah teori kebijakan, manajemen sumber daya manusia dan rekrutmen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan pada wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor penghambat yang ditemukan lebih mengarah pada masalah teknis yaitu kendala waktu, sulitnya mencari calon karyawan yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan sulitnya memastikan hasil yang maksimal. Sulit untuk mengembangkan ide-ide inovasi dan kreativitas. Faktor pendukungnya adalah ketersediaan sistem/wadah yang diberikan oleh perusahaan dan kekompakan tim. Model yang digunakan saat ini adalah specialist recruitment model.
Tidak tersedia versi lain