Skripsi
Pengaruh Pemberian Tunjangan Ikatan Dinas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Badan Pusat Statistik Tahun Akademik 2011-2012
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dengan memberikan tunjangan ikatan dinas yang diharapkan nantinya dapat membantu mahasiswa dalam memenuhi keperluan perkuliahan. Motivasi belajar mahasiswa merupakan faktor yang sangat erat kaitannya dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa dapat dilihat dari Indeks Prestasi (IP) yang diperoleh mahasiswa pada setiap semester. Mahasiswa yang di DO pada semester gasal Tahun Akademik (TA) 2011/2012 sebanyak 18 orang, sedangkan pada semester gasal tahun sebelumnya mencapai 14 mahasiswa yang di DO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tunjangan ikatan dinas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Badan Pusat Statistik Republik Indonesia Tahun Akademik 2011- 2012. Variabel yang diteliti adalah variabel tunjangan ikatan dinas yang berkaitan dengan uang saku dan status kuliah, sedangkan variabel motivasi belajar yang berkaitan dengan adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif, serta variabel prestasi belajar mahasiswa berkaitan dengan IP dan kehadiran kuliah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survei, dengan menggunakan instrumen kuesioner yang diberikan kepada 100 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah metode pengambilan sampel acak sistematis. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai yaitu metode analisis deskriptif dan metode inferensia statistik. Hasil penelitian: 1. Terdapat hubungan yang cukup erat dan positif antara variabel tunjangan ikatan dinas (X1) dengan prestasi belajar (Y) dimana diperoleh nilai koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,454. 2. Terdapat hubungan yang cukup erat dan positif antara variabel motivasi belajar (X ) dan prestasi belajar (Y) dimana diperoleh nilai koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,470. 2 3. Terdapat pengaruh antara pemberian tunjangan ikatan dinas (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Badan Pusat Statistik Republik Indonesia Tahun Akademik 2011-2012. Saran yang diberikan: 1. Pemberian tunjangan ikatan dinas berupa uang saku ke mahasiswa STIS perlu dipertahankan dan jika memungkinkan ditingkatkan besarannya. 2. a. Hendaknya ada bimbingan konseling yang dilakukan oleh dosen ke mahasiswa. b. Dengan adanya perbedaan latarbelakang lulusan pendidikan baik SMA dan MA, maka perlu ditambah lagi waktu matrikulasi guna menyamakan persepsi cara berpikir mahasiswa. c. Perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi mengenai reward akan mahasiswa yang mendapatkan IP tertinggi. 3. Untuk penelitian selanjutnya perlu di teliti faktor-faktor yang mempengaruhi atau melatarbelakangi alasan mengapa mahasiswa berminat untuk kuliah di STIS.
Tidak tersedia versi lain