Skripsi
Kualitas Pelayanan Pasien Kartu Jakarta Sehat Pada Rumah Sakit Kanker Dharmais
Skripsi ini mendiskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan Pasien Kartu Jakarta Sehat pada Rumah Sakit Kanker Dharmais. Pertanyaan penting pada skripsi ini adalah bagaimana gambaran kualitas pelayanan Pasien Kartu Jakarta Sehat pada Rumah Sakit Kanker Dharmais ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, skripsi ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan mendeskriptifkannya dengan persentase dan rata-rata dari data penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan di Rumah Sakit Kanker Dharmais tentang kualitas pelayanan kesehatan pasien Kartu Jakarta Sehat di Rumah Sakit Kanker Dharmais, peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Secara umum, penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien Kartu Jakarta Sehat di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta adalah positif dengan mean menunjukkan nilai 3,9 dan termasuk kategori cukup baik, dengan total akumulasi rata-rata dari lima aspek penelitian yang ada yaitu 19,3 yang terdiri dari nilai rata-rata Reliability 3,7 dengan kategori cukup baik; nilai rata-rata Responsiveness 3,6 dengan kategori cukup baik pula; nilai rata-rata Assurance 4,1 dengan kategori baik; nilai rata-rata Emphaty 4,0 dengan kategori baik; dan nilai rata-rata Tangible 4,0 dengan kategori baik pula. Penilaian positif ini juga bisa dilihat dari banyaknya responden yang merespon positif setiap aspek atau indikator yang dibahas dalam penelitian ini. viii 2. Format kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta untuk masyarakat pengguna Kartu Jakarta Sehat sudah dalam kategori baik. Dimana hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mempersepsikan atau menilai secara positif atas penerimaan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas pelayanan baik medis maupun non medis. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat dikemukakan saran-saran penelitian sebagai berikut : 1. Peningkatan pelatihan bagi petugas pelayanan medis dan petugas pelayanan lainnya secara terus menerus dan berkesinambungan. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan teknik pelayanan yang baik terhadap pasien, kecekatan dalam melayani pasien, dan meningkatkan kepedulian mereka kepada masyarakat khususnya masyarakat miskin yang mendapatkan jaminan kesehatan gratis seperti pengguna Kartu Jakarta Sehat 2. Koordinasi antar bagian atau unit-unit pelayanan harus dipererat. Koordinasi yang baik antara bagian yang saling terkait sangat diperlukan sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur pelayanan, 3. Selalu melakukan pembenahan fasilitas pendukung baik sarana fisik gedung maupun peralatan yang cukup berkualitas untuk kegiatan operasional pelayanan baik rawat jalan maupun rawat inap di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Fasilitas yang berkualitas sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan pasien,. Kata kunci: perbaikan sistem kesehatan, mencegah lebih baik dari pada mengobati, dan mencoba sebelum terlambat
Tidak tersedia versi lain