Skripsi
Pengadaan Barang/Jasa Barang Persediaan Umum Tahun 2013 Di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta
Pengadaan Barang/Jasa adalah kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa Oleh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperolah Barang/Jasa. Begitu pula dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais Pengadaan Barang / Jasa juga mempunyai kegiatan memperoleh Barang / Jasa yang dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai selesainya kegiatan sehingga diperoleh Barang / jasa. Barang persediaan Umum seperti alat tulis kantor, alat kebersihan dan rumah tangga, barang penunjang computer, barang cetakan medik dan non medik serta suku cadang merupakan kebutuhan rutin yang bisa digunakan untuk aktivitas perkantoran maupun untuk mendukung aktivitas pelayanan. Dengan ketersediaan Barang persediaan umum maka akan dapat memperlancar akivitas dalam memberikan layanan kepada pasien dan sebaliknya jika persediaan barang umum ini mengalami kekosongan akan berdampak pada pemberian pelayanan yang baik. vi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pengadaan Barang/Jasa Barang Persediaan Umum Tahun 2013 di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Adapun indikator-indikatornya adalah prinsip pengadaan yakni efisien, efektif dan transparan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metodologi penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara telaah dokumen dan wawancara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengadaan barang / jasa barang persediaan umum tahun 2013 dilihat dari aspek Efisiensi ternyata semua pengadaannya tidak melampui pagu atau alokasi dana yang di anggarkan, akan tetapi sekitar 73% proses pengadaannya telah masuk waktu pemenuhan barang persediaan. Sedangkan dari aspek efektif barang yang diperoleh tepat sasaran dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh user atau pengguna, dari aspek Transparan menunjukkan bahwa pengadaan barang/jasa di Rumah Sakit Kanker Dharmais berjalan dengan transparan, indikasinya adalah setiap pengadaan telah diumumkan lewat papan pengumuman dan web site rumah sakit kanker dharmais. Selama tahun 2013 proses pengadaan yang melalui LPSE hanya pengadaan barang cetakan saja. Sedangkan yang lainnya melalui pemilihan sederhana. Untuk pengadaan Suku cadang dilakukan pembelian langsung oleh Instalasi Layanan Pengadaan. Salah satu penyebab kekosongan barang adalah karena terlambatnya proses pengadaan yang disebabkan oleh perencanaan yang kurang baik dan keterlambatan proses pengadaan yang sampai di Instalasi Layanan Pengadaan. Untuk itu Penulis menyarankan Agar pengurus gudang mengajukan perencanaan lebih awal dari waktu kebutuhan dengan vii memperhitungkan waktu birokrasi atau waktu administrasi pengajuan barang / jasa sampai diterima di Instalasi Layanan Pengadaan. Sehingga tidak terjadi lagi kebutuhan untuk Triwulan II yaitu bulan April-Mei-Juni misalnya, proses pengadaannya dilakukan pada bulan april artinya bahwa seharusnya bulan april kebutuhan barang sudah terpenuhi.
Tidak tersedia versi lain