Skripsi
Pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011
Menentukan struktur modal perusahaan merupakan salah satu keputusan penting yang dihadapi pihak manajemen perusahaan. Penentuan struktur modal memerlukan pertimbangan yang teliti, karena maing-masing sumber pendanaan penyusun struktur modal memiliki konsekuensi finansial yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor struktur aktiva, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 30 perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 sebagai sampel penelitian. Penetapan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel independen berpengaruh terhadap struktur modal. Dari koefisien determinasi ditunjukkan bahwa 52,6% struktur modal dapat dijelaskan oleh variabel dalam persamaan sementara 47,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam persamaan.Secara parsial struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap struktur modal. vii Dari hasil penelitian disarankan pihak perusahaan consumer goods untuk lebih memperhatikan ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas dalam mempertimbangkan keputusan struktur modal. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel perlindungan pajak atau kondisi ekonomi makro dan memperpanjang periode penelitian untuk memperoleh model regresi yang lebih tepat.
Tidak tersedia versi lain