Skripsi
Sistem Pelaksanaan Pelatihan Teknis Pendataan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (Pbdt) Pada Badan Pusat Statistik (Bps) Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelaksanaan pelatihan teknis pendataan Pemutakhian Basis Data Terpadu (PBDT) Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Pusat. Aspek yang diteliti adalah aspek input, aspek proses dan aspek output. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan terhadap 6 orang key informant serta melalui telaah dokumen. Temuan-temuan yang didapatkan setelah melakukan penelitian, dikemukakan per aspek yang diteliti sebagai berikut, Pertama aspek input yang terdiri dari sarana dan prasarana, anggaran, informasi, manajemen, program, peserta didik dan instruktur semuanya sudah sesuai dengan tujuan tercapainya penyelengaraan pelatihan teknis pendataan pemutakhiran basis data terpadu/PBDT pada Badan Pusat Statisttik Jakarta Pusat. Yang kedua adalah aspek proses yaitu metode belajar dan mengajar pada pelatihan berupa ceramah, meode diskusi dan pemahaman secara teoritis serta metode praktik/ role playing dengan panduan buku modul pelatihan. Penilaian adalah dari sikap mereka melalui pengamatan secara langsung dan keaktifan dalam proses pembelajaran lalu dikombinasikan dengan hasil tes formatif akhir. Yang ketiga adalah Aspek Output peserta pelatihan selama mengikuti pelatihan cukup baik dari sisi kompetensi yang dimiliki jumlah lulusan ada 178 peserta dan semuanya lulus 100%. Dari hasil penelitian yang telah dikemukakan di atas, dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: viii 1. Aspek input Sarana dan prasarana perlu ditingkatkan agar proses belajar mengajar lebih nyaman. Anggaran dipertahankan dan ditingkatkan agar lebih maksimal lagi dalam pelaksanaan pelatihan yang akan datang. Informasi adanya pelaksanaan pelatihan ke publik perlu media lain tidak hanya melalui Koordinator Statistik Kecamatan/KSK. Manajemen sudah baik kedepanya agar lebih maksimal lagi dalam pelaksanaan pelatihan. Program pelaksanaan sudah baik kedepan perlu dipertahankan. Peran peserta dalan pelaksanaan pelatihan sudah baik, untuk kedepan perlu ditingkatkan lagi agar lebih maksimal. Instruktur sudah berkompeten perlu ditingkatkan agar lebih maksimal. 2. Aspek Proses Metode proses belajar mengajar sudah baik, kedepan perlu pengembangan metode yang lain lagi. 3. Aspek Output Jumlah lulusan semuanya 100% lulus, untuk pelatihan kedepan harus dipertahankan terus.
Tidak tersedia versi lain