Skripsi
Kinerja Pegawai Pengelola Dana Zakat Infak Dan Shodaqoh Di Kelurahan Kemayoran Kecamatan Kemayoran Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai pengelola zakat infaq dan shodaqoh di Kelurahan Kemayoran Kecamatan Kemayoran Kota Administrasi Jakarta Pusat. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melukiskan keadaan subyek atau melalui wawancara dan telaah dokumen yang terkait dengan kinerja pegawai pengelolaan ZIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai pengelolaan dana ZIS ditinjau dari aspek: 1. Kemampuan pegawai menunjukkan sudah baik, hal ini terlihat dari jawaban informant penelitian yang menyatakan kemampuan dalam menjawab permasalahan pengelolaan dana ZIS sudah memadai dan tepat sasaran dan dikatakan pula sebagai totalitas dengan berusaha keras segenap kemampuannya memuaskan masyarakat, juga memegang peranan yang cukup penting dalam pengelolaan dana ZIS tersebut, karena berhubungan langsung dengan implementasi pengelolaan dana ZIS di lapangan. 2. Kualitas kerja pegawai sudah sudah sesuai harapan masyarakat dalam hal ini Meliputi ketelitian, kerapihan dan ketepatan atau akurasi dalam bekerja; dikatakan pula sebagai totalitas dengan berusaha keras segenap kemampuannya memuaskan kebutuhan tertentu. 3. Aspek kuantitas kerja sudah baik dalam hal ini meliputi jumlah output, atau persentase antara output aktual dengan autput yang menjadi target vi dan juga volume kerja yang dapat diterima oleh seorang pegawai dalam kondisi normal; Sejauh ini kuantitas kerja pengelolaan dana ZIS sudah memenuhi harapan saya, meskipun ada beberapa keluhan dari warga yang belum menerima dana ZIS, hal ini dikarenakan masalah administrasi yang tidak dapat mereka penuhi. 4. Sikap pegawai sudah baik, Kesungguhan dalam melaksanakan tanggung jawab, meningkatkan kinerja, memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri serta kejujuran dalam melaksanakan tugas merupakan sikap yang harus dimiliki oleh petugas pengelola dana ZIS. Petugas penyaluran dana ZIS cukup kooperatif kepada pengurus RT disini, mereka mau berkoordinasi kepada pengurus RT dalam penyaluran dana ZIS tersebut. Disamping itu juga mereka cukup bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas mereka. Saran 1. Untuk aspek kemampuan pegawai, agar diberikan kesempatan yang sama kepada pegawai untuk mengikuti diklat dan melanjutkan pendidikan ke kenjang yang lebih tinggi, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dalam pelaksanaan diklat. 2. Kualitas kerja pegawai perlu ditingkatkan , kerena pegawai dituntut melayanani sesuai harapan masyarakat dalam hal ini akurasi dalam bekerja; dikatakan pula sebagai totalitas dengan berusaha keras segenap kemampuannya memuaskan kebutuhan tertentu. 3. Aspek kuantitas kerja perlu di pertahankan dan ditingkatkan lagi, dengan harapan masyarakat dapat mereka penuhi. 4. Sikap pegawai sudah baik perlu ditingkatkan lagi. Kesungguhan dalam melaksanakan tanggung jawab, meningkatkan kinerja, memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri serta kejujuran dalam melaksanakan tugas merupakan sikap yang harus dimiliki oleh petugas pengelola dana ZIS.
Tidak tersedia versi lain