Skripsi
Pengaruh Inflasi, Harga Emas, Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD Dan BI Rate Terhadap Penjualan Produk Investasi Mulia Pada Perum Pegadaian Periode 2008-2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Harga Emas, Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD, dan BI Rate terhadap Penjualan Produk Investasi MULIA baik secara parsial maupun simultan di Perum Pegadaian. Objek penelitian adalah Perum Pegadaian Kantor Pusat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Rekapitulasi Penjualan MULIA Selindo PERUM Pegadaian mulai bulan Oktober 2008 sampai dengan Februari 2012, data MULIA diambil mulai Oktober 2008 dikarenakan pada bulan Oktober 2008 produk Investasi MULIA diluncurkan, sedangkan Harga Emas dari www.kitco.com, Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD dan BI Rate dari Bank Indonesia. Variabel Independen yang diteliti adalah Inflasi, Harga Emas, Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD, dan BI Rate. Sedangkan variabel dependen adalah Penjualan Produk Investasi MULIA. Metode yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan Software SPSS versi 11.5. Hasil analisis penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Inflasi tidak berpengaruh terhadap penjualan MULIA, Harga Emas berpengaruh positif yang signifikan terhadap penjualan MULIA, Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD tidak berpengaruh terhadap penjualan MULIA, dan BI Rate berpengaruh negatif yang signifikan terhadap Penjualan MULIA dan secara simultan menunjukkan bahwa vi Inflasi, Harga Emas, Nilai Tukar USD Terhadap Rupiah, dan BI Rate berpengaruh secara bersama-sama terhadap Penjualan MULIA. Sebagai implikasi dari penelitian yang telah dilakukan, penulis memberikan masukan kepada Perum Pegadaian untuk merancang strategi pemasaran yang baik dan dilakukan pada saat yang tepat untuk meningkatkan penjualan MULIA yakni pada saat terjadinya kenaikan Harga Emas dan penurunan BI Rate. Kemudian bagi para investor yang ingin berinvestasi pada logam mulia khususnya emas sebaiknya mempertimbangkan faktor Inflasi, Harga Emas, Nilai Tukar Ruppiah Terhadap USD, dan BI Rate sebelim memilih alternatif investasi ini. Karena emas khususnya produk MULIA ini merupakan investasi jangka panjang sebagai lindung nilai aset, tidak seperti investasi pasar modal yang memberikan keuntungan dengan cepat. Referensi : 29 Buku, 14 Jurnal, 20 Sumber lainnya (1990 – 2011)
Tidak tersedia versi lain