Tesis
Pengukuran Kinerja Pada Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta Cengkareng Dengan Pendekatan Balanced Scorecard
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja Stasiun Meteorologi Soekarno Hatta Cengkareng dengan pendekatan Balanced Scorecard. Pendekatan Balanced Scorecard merupakan metode pengukuran kinerja dengan empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, dan perspektif keuangan. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan data kuantitatif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja secara keseluruhan berada dalam kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata total 3,32 serta bobot 83,06%. Dari keseluruhan indikator yang diukur, diperoleh nilai yang bervariasi dari sangat baik, baik dan tidak baik. Adapun indikator yang memperoleh nilai terendah antara lain pada perpektif kepuasan pelanggan pada item prosedur pelayanan, perspektif proses bisnis internal pada indikator operasi/proses dengan item pegawai mampu mengatasi hambatan dalam pekerjaan, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada indikator tingkat kepuasan pegawai dengan item pegawai puas dengan gaji dan intensif yang diterima. Sedangkan perspektif keuangan memperoleh nilai sangat baik, sehingga untuk kedepannya perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan. Upaya - upaya kebijakan perbaikan harus senantiasa dilakukan agar kinerja Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta berada pada kondisi yang lebih baik sebagai wujud peningkatan layanan kepada pelanggan, terutama pada indikator dengan nilai terendah antara lain pertama, pada Aspek kepuasan Pelanggan diperlukan perbaikan prosedur pelayanan yang selama ini sudah ada (hardcopy flight document) dengan penerapan paperless yaitu pemberian informasi cuaca penerbangan (flight document) secara online melalui media email atau sarana Informasi Teknologi (IT) lainnya. Kedua, Aspek proses bisnis internal dengan penyediaan sarana dan prasarana seperti mobil jemputan karyawan dan pengadaan rumah dinas yang dekat dengan tempat kerja. Ketiga, Aspek pembelajaran dan pertumbuhan dengan peningkatan kesejahteraan pegawai melalui pemberian honor atau tunjangan yang sesuai dengan beban kerja pegawai. Keempat, Aspek Keuangan dengan berani menaikkan atau menambah besaran target atau sasaran perolehan PNBP.
Tidak tersedia versi lain