Skripsi
Pengaruh BNI Internet Banking Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank BNI (Persero) Tbk Kantor Kas Bintaro Arcade
Menyadari pentingnya pengaruh kualitas produk dan jasa perbankan untuk meningkatkan loyalitas nasabah, Bank BNI dalam menyampaikan jasa perbankan telah melakukan inovasi dalam layanan electronic banking untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi. Salah satunya yaitu dengan menyediakan fasilitas BNI Internet banking. BNI Internet Banking adalah salah satu channel fasilitas e-banking dari BNI untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh BNI Internet Banking terhadap loyalitas nasabah PT. Bank BNI 46 (Persero) Tbk Kantor Kas Bintaro Arcade Jakarta. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas berupa BNI Internet Banking dan variabel terikat berupa loyalitas nasabah. Adapun indikator dari variabel BNI Internet Banking adalah independence (kebebasan), convenience (kesenangan), dan security (keamanan). Sedangkan dari variabel Loyalitas Nasabah adalah penggunaan berulang, membeli di luar lini produk/jasa, mereferensikan produk kepada orang lain, menunjukkan kekebalan daya tarik dari pesaing. Penelitian menggunakan metode penelitian survei dengan tingkat eksplanasi asosiatif/hubungan dan jenis data kuantitatif. Adapun teknik vi pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 84 nasabah pengguna BNI Internet Banking di Bank BNI Kantor Kas Bintaro Arcade dan telaah dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah teknik statistik deskriptif dengan basis data tersebut hasilnya akan dibuat dalam bentuk tabel frekuensi. Pengujian data akan dilakukan dengan program SPSS for Windows versi 19.0, selanjutnya penulis akan memberikan interpretasi berdasarkan data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Ada pengaruh positif antara BNI Internet Banking terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank BNI 46 (Persero) Tbk Kantor Kas Bintaro Arcade. 2. Uji korelasi hubungan kedua variabel menunjukkan sebesar 0,365 dan 0,476 (tanda positif). Hal tersebut diketahui bahwa terdapat korelasi positif antara variabel BNI Internet Banking terhadap Loyalitas Nasabah namun bersifat lemah. 3. Uji koefisien regresi (Uji t) menunjukkan koefisien regresi variabel BNI Internet Banking (X) sebesar 6,433; artinya jika BNI Internet Banking mengalami satu kenaikan, maka loyalitas nasabah (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,826. Untuk itu penulis menyarankan: 1. Bank BNI harus mampu mempertahankan dan meningkatkan keamanan, kemudahan, dan keanekaragaman fitur transaksi BNI Internet Banking sehingga nasabah semakin loyal dalam bertransaksi. 2. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti menggunakan contoh e-channel BNI lain, yaitu BNI SMS Banking, BNI Phone Banking, BNI Prepaid Card sehingga dapat menjadi suatu masukan yang dapat meningkatkan kinerja Bank BNI dalam segi layanan dan bisnis.
Tidak tersedia versi lain