Tesis
Pengaruh Komunikasi Dan Kompetensi Teknis Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pelayanan Pasien Pada Poliklinik Gigi Satuan Kesehatan Detasemen Markas Di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan kompetensi teknis tenaga medis terhadap kepuasan pelayanan pasien pada poliklinik gigi pada Satuan Kesehatan Detasemen Markas di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Berdasarkan uji regresi linier variabel komunikasi dan kepuasan dengan menggunakan perhitungan Anova, regresi menunjukkan nilai p 0.000 (< 0.05)yang artinya terdapat hubungan linier antara komunikasi dengan kepuasan. Pada uji regresi linier sederhana antara komunikasi dengan kepuasan menunjukkan nilai r 2 0.247 artinya 24,7% variasi kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel komunikasi, sedangkan sisanya (100% - 24,7% = 75,3%) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya. Hasil uji regresi linier variabel kompetensi teknis dan kepuasan dengan menggunakan perhitungan Anova, regresi menunjukkan nilai p 0.000 (< 0.05) yang artinya terdapat hubungan linier antara kompetensi teknis dengan kepuasan. Pada uji regresi linier sederhana antara kompetensi teknis dengan kepuasan menunjukkan nilai r 0.385 artinya 38,5% variasi kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi teknis, sedangkan sisanya (100% - 38,5% = 61,5%) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya. Berdasarkan Uji Signifikansi Simultan (Uji F)Anova menunjukkan nilai P value (sig) = 0,000, berarti pada alpha 5% dapat dinyatakan bahwa model regresi cocok (fit) dengan data yang ada. Atau dapat diartikan variabel komunikasi dan kompetensi teknis secara signifikan dapat untuk memprediksi variabel kepuasan pasien. 2 Sedangkan uji koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan nilai 0,448 artinya bahwa model regresi yang diperoleh dapat menjelaskan 44,8% variasi variabel dependen kepuasan. Atau dengan kata lain kedua variabel independen tersebut dapat menjelaskan variasi variabel kepuasan sebesar 44,8%. Hasil penelitian menyatakan bahwa komunikasi dan kompetensi teknis tenaga medis berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan pasien poliklinik gigi pada Satuan Kesehatan Detasemen Markas di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Sebagai upaya guna meningkatkan kepuasan pelayanan pasien hendaknya pihak manajemen Poliklinik Gigi pada Satuan Kesehatan Markas Besar di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia selalu berusaha meningkatkan kualitas komunikasi dan kompetensi teknis para tenaga medis khususnya pada dimensi bukti langsung yang perlu mendapatkan perhatian dan menjadi prioritas dalam program perbaikan mutu pelayanan kesehatan dimasa yang akan datang sehingga tingkat kepuasan pasien dalam menerima pelayan kesehatan semakin baik.
Tidak tersedia versi lain