Skripsi
Strategi Peningkatan Penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Di Biro Perencanaan Dan Hubungan Masyarakat Arsip Nasional Republik Indonesia
Strategi menjadi faktor yang sangat berperan dalam meningkatkan penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Tujuan yang ingin dicapai adalah mendukung terwujudnya misi ANRI dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (e-government), berjalannya SIKD yang efektif dan efisien dalam pengelolaan arsip, meningkatnya kompetensi pegawai dalam mengunakan SIKD, tersedianya fasilitas infrastruktur Teknologi Informasi Kearsipan (TIK) yang memadai dan tersedianya regulasi terkait dengan kewajiban penggunaan SIKD. Dalam strategi peningkatan penggunaan SIKD terdapat faktor-faktor yang mendukung strategi peningkatan penggunaan SIKD, yaitu Corporate Strategy, Program Strategy, Resource Support Strategy dan Institusional Strategy.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Peningkatan Penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat, ANRI. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara wawancara kepada 6 (enam) orang responden, observasi dan dokumentasi. viii Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Aspek Corporate Strategy (Strategi Organisasi), mewujudkan misi organisasi dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (e-government) melalui SIKD sebagai bukti akuntabilitas kinerja yang lebih efektif dan efisien. 2. Aspek Program Strategy (Strategi Program), SIKD membawa dampak positif bagi pejabat dalam melaksanakan pekerjaan terlepas dari belum sempurnanya SIKD itu sendiri. 3. Aspek Resource Support Strategy (Strategi Pendukung Sumber Daya), sumber daya yang dimiliki oleh ANRI seperti modal (pembiayaan atau penganggaran), infrastruktur TIK dan sumber daya manusia masih harus ditingkatkan lagi. 4. Aspek Institusional Strategy (Strategi Kelembagaan), melakukan pengembangan dan inovasi aplikasi SIKD dengan penambahan fitur-fitur seperti digital signature, tanda bunyi untuk menandakan naskah dinas yang masuk dan aplikasi SIKD versi mobile phone dengan sistem operasi android. Untuk itu penulis menyarankan : 1. Aspek Corporate Strategy (Strategi Organisasi), perlu membuat Surat Edaran tentang kewajiban penggunaan SIKD sebagai bukti akuntabilitas kinerja. 2. Aspek Program Strategy (Strategi Program), perlu melakukan monitoring ke setiap unit kerja untuk melihat secara langsung penggunaan SIKD oleh para pejabat dan sekaligus memberikan buku petunjuk penggunaan SIKD. 3. Aspek Resource Support Strategy (Strategi Pendukung Sumber Daya), yaitu untuk modal (pembiayaan atau penganggaran) perlu ditambahkan lagi anggaran untuk biaya pengembangan sistem agar lebih baik. Untuk infastruktur perlu ditambahkan kapasitas data internet yang lebih besar untuk menampung data-data yang di upload. Selanjutnya untuk peningkatan kompetensi dengan mengikutsertakan para pejabat untuk pelatihan dan bimbingan teknis TIK. 4. Aspek Institusional Strategy (Strategi Kelembagaan), perlu melibatkan pejabat dan staf dalam proses pengembangan aplikasi SIKD agar dapat digunakan sesuai dengan yang diharapkan
Tidak tersedia versi lain