Skripsi
Pengaruh Sumber Daya Dan Komunikasi Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Pada Poliklinik Kementerian Pertahanan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Sumber Daya dan Komunikasi terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan pada Poliklinik Kementerian Pertahanan RI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan hubungan antara tiga variabel, Sumber Daya (X1), Komunikasi (X2), dan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan pada Poliklinik Kementerian Pertahanan RI (Y), sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu koefiensi regresi, kolerasi, koefiensi determinasi dan uji F. Berdasarkan dari hasil pengujian analisis dalam penelitian ini maka diperoleh yaitu, (1) regresi linier sederhana Y = -7,274 + 0,515X1 + 0,802X2, yang artinya bahwa sumber daya dan komunikasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pelayanan kesehatan, atau dengan kata lain apabila terjadi peningkatan sumber daya dan komunikasi maka akan terjadi peningkatan pelayanan kesehatan dan secara statistik memiliki pengaruh yang signifikan sebesar (X1) B = 0,515, (X2) B = 0,802. (2) koefiensi kolerasi hasil diperoleh nilai R = 0,774 dimana diperoleh koefisien determinasi diperoleh nilai KD = 0,599 dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. (3) hasil analisis uji f hitung sebesar 72,358 , f tabel sebesar 2,70, dimana f hitung lebih besar dari f tabel yaitu 72,358 > 2,70, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan Sumber Daya dan Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan pada Poliklinik Kementerian Pertahanan RI Dalam hal mengimplementasikan pelayanan kesehatan rawat jalan hendaknya dilakukan sesuai dengan Standar Operarional Prosedur (SOP) yang ada di Poliklinik Kementerian Pertahanan RI , dan untuk peningkatkan pelayanan perlu diadakan pelatihan memaksimalkan sumber daya yang ada seperti memberikan pelatihan–pelatihan kepada pegawai secara berkesinambungan dan up to date dengan perkembangan dan dinamika yang terjadi terkait dengan pelayanan kesehatan khususnya pasien rawat jalan. Hal itu diselaraskan dengan modernisasi sarana dan prasarana pendukung lainnya. Untuk komunikasi hendaknya mengoptimalkan media yang ada seperti jurnal-jurnal kesehatan, website atau portal-portal yang ada di Kementerian Pertahanan, tentunya tetap dengan komunikasi verbal yang dilaksanakan lebih intens sehingga informasi yang yang ada dipastikan efektif. Pemberian informasi yang akurat dan jelas mengenai kebijakan pelayanan pasien serta kebijakan-kebijakan lain yang berhubungan dengan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat jalan, karena komunikasi yang baik dapat meningkatkan pelayanan yang baik pula terhadap pasien
Tidak tersedia versi lain