Tesis
Strategi Bersaing Kartu Kredit Bni Divisi Bisnis Kartu PT. Bank Negara Indonesia (Tbk) Persero
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Divisi Bisnis Kartu, juga kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Divisi Bisnis Kartu dalam mengembangkan Kartu Kredit BNI di Indonesia. Kemudian dirumuskan strategi bersaing tingkat bisnis bagi Divisi Bisnis Kartu dalam menghadapi persaingan dalam bisnis kartu kredit dan merumuskan strategi–strategi bersaing tersebut ke tingkat fungsional.
Perumusan strategi bersaing Divisi Bisnis Kartu Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan pendekatan manajemen strategis diawali dengan melakukan analisa kondisi perusahaan terkini untuk mengetahui gambaran umum kondisi perusahaan. Tahap selanjutnya adalah tahap input, dimana pada tahap ini dilakukan analisa terhadap lingkungan eksternal (lingkungan makro dan lingkungan industri) dan analisa terhadap lingkungan internal. Alat analisis yang digunakan adalah analisis EFE matriks dan IFE matriks. Analisis EFE matriks akan menghasilkan sejumlah peluang dan ancaman yang harus dimanfaatkan dan dihadapi oleh Divisi Bisnis Kartu. Analisis IFE akan mengukur kekuatan dan kelemahan Divisi Bisnis Kartu. Selanjutnya adalah tahap pencocokan dimana digunakan SWOT matriks. Matriks SWOT sebagai alat pencocokan yang membantu menghasilkan 4 jenis strategi ( SO,WO, ST dan WT). Tahap terakhir adalah Matriks QSPM digunakan untuk memilih alternatif strategi yang dipilih perusahaan.
Tidak tersedia versi lain