Tesis
Pengaruh Kualitas Pengelolaan Dana Pendidikan Dan Kualitas Pengelolaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Tangerang
Pemenuhan standar pelayanan minimal dan standar nasional pendidikan, dapat ditegaskan bahwa sumber daya manusia berkorelasi positif dengan mutu pendidikan dan mutu pendidikan sering diindikasikan dengan kondisi yang baik, memenuhi syarat dan segala komponen yang harus terdapat dalam pendidikan, berupa masukan, proses, keluaran, tenaga kependidikan, sarana prasarana, dan semua hal tersebut harus ditunjang dengan tersedianya dana/anggaran pendidikan yang memadai. Dana pendidikan juga diperlukan untuk memfasilitasi pelaksanaan kebijakan dan program sekolah, terlaksananya aktivitas sekolah (intra dan ekstra), dan dapat mengembangkan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, dana pendidikan merupakan faktor yang tidak dapat dihindarkan keberadaannya dalam menyediakan komponen-komponen input pendidikan. Pokok Permasalahan dalam penelitian: 1) Bagaimana pengaruh kualitas pengelolaan dana pendidikan terhadap mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang? 2) Bagaimana pengaruh kualitas pengelolaan Sekolah terhadap mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang; 3) Bagaimana pengaruh kualitas pengelolaan dana Pendidikan dan kwalitas pengelolaan sekolah terhadap Mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang.
Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftip. Untuk mengetahui, mengungkap data kualitas pengelolaan dana Pendidikan terhadap mutu pendidikan, mengetahui/mengungkap data kualitas pengelolaan sekolah terhadap mutu pendidikan dan kualitas pengelolaan dana pendidikan dan kualitas pengelolaan sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang. Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan: 1). Terdapat Pengaruh Kualitas Pengelolaan Dana Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang. 2). Terdapat Pengaruh Kualitas Pengelolaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang. 3). Terdapat Pengaruh Kualitas Pengelolaan Dana Pendidikan dan Kualitas Pengelolaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang.
Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah SMP Negeri di Kota Tangerang berjumlah 24 sekolah. Sedangkan sampel penelitian yang dilakukan secara rondom sampling berjumlah 87 orang terdiri dari kepala sekolah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat Kualitas Pengelolaan Dana Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang, diketahui r hitung > r tabel (0.970 > 0,213), Terdapat Kualitas Pengelolaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang, r hitung > r tabel (0,983 > 0,213) dan Terdapat Kualitas Pengelolaan Dana Pendidikan dan Kualitas Pengelolaan sekolah terhadap Mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang, bahwa f hitung kualitas pengelolaan dana pendidikan dan kualitas pengelolaan sekolah terhadap mutu penidikan sebesar 2.899 sedangkan f tabel pada tingkat keyakinan 95 % adalah 0.213 (2.899 > 0.213. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dana pendidikan dan kualitas pengelolaan sekolah terhadap mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang, di Dinas Pendidikan Kota Tangerang perlu meningkatkan kegiatan workshop khusus pengelolaan dana pendidikan tentang pengelolaan dana agar dilakukan secara sistematis, transparan, efisien, dan akuntabel, tentang Visi, misi, dan tujuan sekolah, Visi, misi, dan tujuan sekolah dipahami oleh semua warga sekolah, rencana kerja sekolah, rencana kerja sekolah berorientasi mutu, perencanaan sekolah terkait peningkatan mutu proses belajar mengajar, Suasana organisasi mendukung program sekolah, pimpinan melakukan supervisi dan evaluasi sesuai standar.
Tidak tersedia versi lain