Tesis
Strategi Pemasaran Penjualan Produk Jasa Penjaminan Perbankan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang Strategi Pemasaran Produk Jasa Penjaminan Perbankan pada PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk.
Penelitian ini menggunakan variable tunggal yaitu Strategi Pemasaran Penjualan Produk Jasa Penjaminan Perbankan pada PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Metode peneltian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan key informant, observasi dan telaah dokumen/studi kepustakaan.
Hasil dan analisis penelitian : strategi pemasaran PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terhadap produk jasa penjaminan perbankan adalah meneakup pada aspek target pasar berupa pemetaan segmentasi terhadap kriteria nasabah (Corporate, Middle dan Small) , aspek penernpatan produk berupa keberagaman penyampaian informasi produk kepada nasabah/konsurnen (Social Media, Media Cetak, Aeara/Workshop), aspek bauran pemasaran berupa kombinasi pelaksanaan 4P (Product) Price, Place dan Promotion) dan aspek biaya berupa pembagian karakteristik biaya yang tereakup pada proses transaksi untuk menetapkan harga penjualan produk (Fixed Cost dan Variable Cost).
Berdasarkan hasil penelitian maka ada beberapa saran yang dapat di pergunakan antara lain adaJah :
1. Perlunya meningkatkan bisnis produk jasa penjaminan perbankan di segmen Middle dan Small dengan eara meningkatkan kemampuan pengetahuan tim pemasar/sales dan infrastruktur lainnya.
2. Perlunya meningkatkan penawaran produk kepada masyarakat luas dengan cara membagi tim sales/marketing berdasarkan karakteristik sosial budaya dan kebiasaan tertentu nasabah dan meningkatkan atau melakukan penyegaran pengetahuannya melalui pelatihan secara berkala.
3. Perlunya rnembuat penilaian secara prioritas terhadap strategi bauran pemasaran yaitu pada 4P (Product, Price, Place, Promotion) yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi BNI
4. Perlunya membuat parameter terhadap nasabah yang akan diberikan tarif khusus, untuk dapat mernbatasi pengurangan pendapatan sebagai akibat pemberian tarif khusus.
Tidak tersedia versi lain