Skripsi
Prosedur Penagihan Piutang Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penagihan piutang yang dilakukan oleh pihak RSUPN Dr. Cipto Manginkusumo, Jakarta agar memperoleh pendapatan piutang sesuai dengan yang diharapkan. Aspek penelitian meliputi aspek informasi tagihan dan dokumen tagihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data lain dilakukan dengan wawancara dan telaah dokumen. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman telaah dokumen. Hasil penelitian menggambarkan bahwa RSUPN Dr. Cippto Mangunkusumo Jakarta, dalam melakukan penagihan piutang pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial belum maksimal masih ada kendala yang ditemui di lapangan. Sebagai tindak lanjut dari kesimpulan tersebut maka penulis mengajukan saran sesuai dengan aspek yang diteliti yaitu: 1. Aspek Informasi Tagihan a. Diharapkan ke depan adanya perubahan kebijakan tentang pelaksanaan pasien jaminan, baik dari Pemerintah sebagai regulator sendiri maupun kebijakan yang dibuat oleh BPJS untuk kesehatan karyawannya. b. Adanya perbaikan sistem layanan yang menggunakan sistem aplikasi yang lengkap dalam menyelesaikan masalah c. Adanya sistem jaringan yang terintegrasi dari rumah sakit sebagai pemberi layanan kesehatan kepada pasien dengan pihak penjamin BPJS. viii 2. Aspek Dokumen Tagihan a. Mengembalikan berkas ke unit dan menginformasikan ketidaklengkapan dokumen tagihan. b. Berkoordinasi dengan pihak Unit Manajemen Sistem Informasi yang ada di rumah sakit. c. Berkas segera diserahkan kepada Tim Rawat Jalan Administrasi Piutang.
Tidak tersedia versi lain