Tesis
Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD PALl) Provinsi Dki Jakarta
Balanced scorecard merupakan suatu alat pengukuran kinerja yang paling banyak mendapat perhatian dunia bisnis saat ini. Pengukuran finansial belum mampu mendeteksi kemampuan asset yang bersifat intangible seperti kemampuan karyawan perusahaan yang brilliant, bisnis proses perusahaan yang handal, cepat dan tidak birokrasi serta pelanggan perusahaan yang sangat dinamis dan loyal. Yang kemungkinan bisa saja faktor-faktor tersebut mendorong keunggulan perusahaan bersaing dan berkompetisi dengan perusahaan lainnya.
Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang mendasari yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, perspektif bisnis proses, perspektif pelanggan dan perspektif finansial. Penelitian ini difokuskan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, sebagai akar dari proses menuju kesuksesan bagi perusahaan. Dibantu dengan varibel kepuasan karyawan dalam bekerja, pelatihan ataupun training yang dilakukan oleh karyawan, turnover karyawan dalam perusahaan dan produktivitas karyawan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan jika diukur dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard pada Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Provinsi DKI Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan kepustakaan.
Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Provinsi DKI Jakarta sudah menerapkan pendekatan BSC dalam mengukur kinerjanya. Kinerja perusahaan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang semakin baik, ditandai dengan peningkatan rasio beban pelatihan serta peningkatan organization capital. Upaya perusahaan pada proses peningkatan jumlah pelanggan yang diraih dan konsistensi kunjungan bisnis yang dilakukan perusahaan ke pelanggan menunjukkan perbaikan kinerja perusahaan yang semakin baik pada perspektif proses bisnis internal. Proses kunjungan ke pelanggan merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa kinerja Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Provinsi DKI Jakarta pada perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang semakin baik. Kinerja perusahaan pada perspektif keuangan menunjukkan hasil yang semakin baik, ditandai dengan pertumbuhan pendapatan disertai dengan kenaikan yang tidak terlalu berarti pada ROI dan net profit margin.
Kata kunci: Kinerja Perusahaan, balanced scorecard.
Tidak tersedia versi lain