Tesis
Analisis Pemberian Opini Disclaimer Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Atas Laporan Keuangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2011
Penelitian ini bertujuan menganalisis pemberian opini disclaimer BPK atas Laporan Keuangan Kemdikbud dari segi pembatasan ruang lingkup, materialitas dan independensi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini disclaimer yang diberikan BPK atas LK Kemdikbud karena faktor pembatasan ruang lingkup dari internal Kemdikbud berupa kelemahan sistem pengendalian intern dan pembatasan ruang lingkup di luar kekuasaan auditi dan auditor. Tingkat kesalahan penyajian LK Kemdikbud signifikan dan sangat material sehingga mempengaruhi akun-akun tertentu dan keseluruhan laporan keuangan. Independensi dalam sikap mental dan penampilan telah dipenuhi sehingga tidak menjadi faktor yang mengganggu bagi BPK dalam memberikan opini.
Pihak BPK kiranya perlu meningkatkan jumlah dan kompetensi auditornya, mengingat jumlah, jenis satker dan alokasi anggaran Kemdikbud yang demikian besar, beragam dan tersebar. Sedangkan untuk memperbaiki opini laporan keuangan, jajaran Kemdikbud harus membangun suatu sistem pengendalian internal yang memadai, yang mampu mendeteksi kelemahan-kelemahan yang terjadi secara dini. Kemdikbud harus mengalokasikan sumber daya yang ada untuk lebih fokus pada penyusunan laporan keuangan pada satker perguruan tinggi.
Tidak tersedia versi lain