Tesis
Analisis Turnover Pegawai Outsourching Di Divisi Operasional PT. BANK XYZ
Sebagai lembaga penghimpun dana dan penyaluran kredit/pembiayaan yang bertumpu pada kepercayaan masyarakat, pengelolaan bank harus dilakukan oleh manajemen dan pegawai yang memiliki kompetensi, profesionalisme dan integritas yang menjunjung tinggi azas kehati-hatian (prudential principles) serta tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). Tingginya turnover pegawai yang mencapai 14% dari jumlah pegawai outsourcing di tahun 2012 s/d 2014 rata-rata sebanyak 170 pegawai, diduga disebabkan oleh rendahnya tingkat kepuasan pegawai outsourcing sebagai sebab kompensasi yang diterima kurang sesuai dengan keinginan pegawai serta rendahnya motivasi pegawai. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melalui pengamatan di lapangan, wawancara dengan beberapa informan penentu kebijakan internal Divisi Operasional dan perusahan penyedia tenaga kerja. Kuesioner disediakan untuk diisi oleh pegawai outsourcing yang masih bekerja maupun yang sudah keluar. Mereka diminta menjawab/menjelaskan persepsi mereka mengenai aspek sistim outsourcing, aspek turnover, aspek kompensasi dan tunjangan, aspek keamanan kerja, aspek aktualisasi diri & aspek kesesuaian pribadi dengan pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa turnover pegawai outsorcing di Divisi Operasional PT Bank XYZ sangat dipengaruhi oleh tingkat kepuasan pegawai. Tingkat kepuasan pegawai dipengaruhi oleh kompensasi dan motivasi, kenyamanan dan keamanan kerja (sarana & prasarana), kesempatan untuk mengaktualisasikan diri, kesesuaian pribadi dengan pekerjaan serta penawaran peluang pengembangan karir untuk diangkat menjadi pegawai tetap.
Tidak tersedia versi lain